Yuk Flashback! Begini Perkembangan Chatting dari Masa ke Masa

oleh

Yuk Flashback! Begini Perkembangan Chatting dari Masa ke Masa

IniBerita.News – Perkembangan teknologi yang semakin maju saat ini mau tidak mau menimbulkan banyak perubahan dalam penggunaan teknologi. Salah stau buktinya adalah banyaknya muncul perkembangan media sosial. Jika dulu orang hanya berkomunikasi melalui pesan singkat atau SMS dan telefon, kini orang bahkan bisa bertatap muka meski sedang berada di tempat yang jauh dan terpisah jarak dan waktu. Selain itu bukti lain dari majunya perkembangan teknologi dan informasi adalah muncunlnya berbagai macam aplikais cahtting. Mulai dari Blackberry Messanger atau BBM, WhatsApp, Line dan lain sebagainya. Hanya dengan bermodalkan smartphone dan koneksi internet Anda bisa terhubung dengan sanak keluarga yang berada di tempat yang jauh bahkan di luar negeri. Jika para generasi 90-an harus melakukan sedikit effort saat ingin chatting dengan gebetannya atau kenalan baru di dunia maya, maka berbeda dengan generasi sekarang. Nah, ada beberapa perubahan yang terjadi di dunia chatting dari masa ke masa.

Dulu untuk Ngobrol dengan Pasangan Butuh Antri dan Perlu Nabung

Dunia chatting dikalangan generasi 90-an baru terkenal saat telefon genggam mulai boomig saat itu. Sebelumnya, orang mengggunakan wartel atau warung telefon untuk berkomunikasi dengan orang tersayang atau keluarga yang berada di tempat berbeda. Saat telefon genggam mulai booming, orang mulai bertukar informasi dan pesan melalui SMS. Namun saat itu, SMS membutuhkan pulsa, ditambah lagi jika Anda mengirim pesan ke orang lain yang berbeda operator, pastinya membutuhkan biaya yang lebih mahal. Setengah dekade kemudian, muncul aplikasi chatting yang menggunakan internet seperti Yahoo Messenger, Bing, mIRC dan MIG33. Aplikais yang menggunakan internet juga membutuhkan usaha yang lebih, misalnya harus ke warner, butuh antri dan harus janjian terlebih dahulu dengan gebetan atau pacar dan hal yang paling penting adalah Anda harus menabung untuk membayar biaya internet di warnet yang dibayar per jamnya dengan biaya yang tidka sedikit.

Kemunculan Blackberry Messenger

Seiring dengan kemajuan dan perkembangan dunia teknologi, kemudian muncul inovasi baru dari ponsel, yaitu munculnya Blakberry Messenger yang memberikan penawaran berbagai fiture, seperti dapat bertukar kirim gambra, suara hingga video. Kemunculan Blackberry Messenger ini merupakan aplikasi chatting yang bisa dikatan sebagai aplikasi chatting pertama yang menggunakan internet untuk bertukar pesan hingga suara. Seiring berjalannya waktu, mulailah bermunculan aplikais chatting lainnya yang menawarkan fiture yang tidak hanya sekedar bisa bertukar pesan dan suara bahkan juga bisa bertatap muka dengan lawan chatting atau video call. Tidak kalah menarik, aplikais tersebut bahkan bisa digunakan untuk mengupdate status.

Aplikasi Chatting tidak hanya untuk mengirim pesan, tapi juga bisa digunakan untuk mengirim uang

Level aplikasi chatting sekarang tidak hanya berguna untuk mengirim pesan saja, melainkan ada inovasi baru yang muncul. Kini aplikasi chatting bisa membantu Anda untuk  melakukan transaksi pengiriman uang kepada teman, kerabat, keluarga serta pacar. Aplikasi terbaru yang diberi nama e-Chat ini menawarkan fiture transaksi keuangan secara virtual. Aplikasi ini merupakan aplikasi multifungsi, selain bisa mengirim pesan, fiture yang ditawarkan juga bisa untuk multi-currencycrypto wallt dan juga bisa digunakan untuk sosial media. Tidak beda jauh dengan aplikasi chatting biasa, e-Chat bisa digunakan untuk berkirim pesan teks, suara, foto, bahkan video. Anda juga mengupload foto dan video seperti media sosial lainnya. Kehadiran e-Chat memberikan warna baru dalam aplikasi chatting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *