,

Wow! Inilah Makhluk yang Bisa Hidup di Tempat Terekstrim di Bumi

oleh

Wow! Inilah Makhluk yang Bisa Hidup di Tempat Terekstrim di Bumi

IniBerita.News – Makhluk hidup dan tinggal di bumi berdasarkan asal atau habitatnya. Manusia tinggal di daratan, ikan hidup di air, baik air tawar maupun air laut. Meski ada beberapa hewan yang memiliki dua habitat, darat dan air seperti hewan katak. Katak bisa hidup di dua tempat sekaligus, di darat dan di air. Tapi bagaimana jika makhluk hidup di bumi tinggal di tempat ekstrim yang tak pernah terbayangkan oleh manusia? Namun itulah fakta yang sebenarnya, beberapa makhluk ini tinggal di tempat yang ekstrim yang ada di bumi. Inilah makhluk yang hidup di tempat ekstrim di bumi.

Makhluk yang tinggal dan hidup di tempat ekstrim di bumi.

  1. Mikroba yang Hidup dalam Hidrokarbon

Bakteri ini hidup di dalam hidrokarbon di tempat penambangan minyak yang berada di Danau Pitch, Trinidad. Danau ini merupakan danau terbuka yang mengandung banyak hidrokarbon beracun dan danau ini hanya memiliki sedikit air. Bakteri ini banyak ditemukan ketika salah satu perusahaan minyak melakukan pengeboran di area ini. Berdasarkan hasil studi, mikroba ini dapat bertaha hidup dalam kandungan air yang sangat sedikit, mereka hidup dengan memakan hidrokarbon dan bakteri ini bisa bernafas tanpa membutuhkan oksigen. Bakteri ini dapat ditemukan di berbagai belahan bumi. Bakteri ini merupakan makhluk kuat yang bisa hidup dalam kondisi apa pun.

  1. Jamur Hitam yang Tumbuh di Sisa Ledakan Reaktor

Pada tahun 1986 telah terjadi ledakan reaktor Chernobyl. Efek dari ledakan ini sangat membahayakan dan dapat merusak DNA hingga dapat menyebabkan mutasi kematian. Ledakan ini merupakan ledakan nuklir terburuk sepanjang sejarah. Namun ledakan ini tidak semata-mata melenyapkan kehidupan di sekitarnya. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya jenis jamur hitam yang tumbuh di daerah bekas ledakan yang dikenal memiliki tingkat radiokatif yang sangat tinggi. Zat radiokatf sangat berbahaya bagi keberlangsungan hidup manusia dan sangat dihindari. Namun tumbuhan ini justru mencari dan menuju ke sumber radiasi tersebut. Jamur ini menggunakan sumber radioaktif sebagai makanan untuk memproduksi energi.

  1. Achidophiles yang Hidup di Lingkungan dengan Kadar Asam Tinggi

Achidophiles merupakan salah satu dari jenis extremophiles. Bakteri ini merupakan jenis yang bisa bertahan hidup di tempat yang mangandung kadar asam yang tinggi. Tingkat keasaman yang tinggi dapat menghancurkan molekul organik, namun bakteri ini dapat bertahan hidup meski berada di tempat dengan kadar pH 0 yang berarti merupakan tempat yang sangat asam. Jenis bakteri ini dapat ditemukan di Danakil, Ethiopia yang memiliki suhu udara mencapai 55 derajat celcius dan merupakan tempat terekstrim di bumi.

  1. Bakteri yang Hidup di dalam Tambang Emas

Di Afrika Selatan terdapat tambang emas yang berada di bawah tanah dengan kedalaman 2,8 kilometer. Di tempat ini ditemukan sejenis bakteri yang tumbuh dan berkembang serta mendapatkan energi dari sisa peluruhan radioaktif. Untuk melakukan metabolisme, mereka mengandalkan gas hidrogen yang berasal dari hasil pemecahan uranium oleh air.

Keren bukan makhluk-makhluk tersebut yang dapat hidup, tumbuh dan berkembang biak serta bertahan hidup walau berada di tempat yang ekstrim dan tidak pernah terbayangkan oleh manusia. Tempat-tempat tersebut merupakan tempat yag musathil untuk dikunjungi oleh manusia, dikarenakan dapat membahayakan keberlangsungan hidupnya. Namun makhluk-makhluk tersebut membuktikan bahwa di tempat yang sangat ekstrim pun mereka dapat bertahan hidup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *