Walaupun Bukan Emas, tapi 6 Penemuan Ini Bikin Penemunya Bahagia dan Kaya Raya

oleh

JACKPOTTT!!

Percaya atau nggak, harta karun bukan cuma ada di buku-buku cerita, atau di film-film aja, tapi orang-orang di seluruh dunia secara nggak sengaja mendapatkan harta karun yang benar-benar mengubah hidup mereka selamanya. Bahkan penemuan paling sederhana seperti kartu bisbol tua atau mentega kuno bisa membuat seseorang merasa seperti dapet jackpot. Berikut P! punya cerita tentang harta karun yang tersembunyi di loteng, nggak sengaja dapet di pasar loak atau bahkan dikuburkan di halaman belakang. Langsung scroll ke bawah ya!

1. Ferrari di halaman belakang

Zaman kecil dulu pasti seneng main masak-masakan atau gali lubang buat kubur time capsule di belakang rumah. Pada tahun 1978, dua anak menemukan sesuatu yang lebih berharga di halaman belakang mereka: Ferrari Dino 246 GTS! Mobil itu dilaporkan dicuri empat tahun lalu dan anehnya, asuransi dibayarkan kepada pemilik terakhir yang tidak pernah ditemukan. Polisi berasumsi kalo pencurinya menenggelamkan mobil ini dan mengeluarkannya setelah situasi aman. Tapi kayaknya lupa yah. Bayangin aja berapa tuh harganya.

2. Komik Superman

Saat rumah mereka akan diambil alih oleh bank, pasangan asal Amerika ini diminta untuk membereskan barang-barang mereka. Saat sedang membongkar, mereka menemukan 50 kotak berisi buku komik. Di antara tumpukan komik tersebut ternyata salah satunya adalah salinan Komik Superman “Action Comics #1” yang dirilis tahun 1938, yang diberi label oleh para ahli sebagai ‘Holy Grail of comic books’. Salinan khusus ini harganya jauh lebih mahal daripada rumah atau sekitar 1,5 juta GBP. Wow!

3. Kartu baseball

Kartu bisbol 1869 ini dianggap sebagai salah satu kartu bisbol pertama yang pernah dibuat. Ditemukan secara nggak sengaja oleh seorang wanita berusia 72 tahun dari California yang awalnya mencantumkannya di eBay seharga 10 USD. Setelah dibeli oleh seseorang, ternyata kartu tersebut langka dan menjualnya di lelang seharga 75.000 USD.

4. Deklarasi Kemerdekaan

Pada tahun 1989, seseorang beruntung membeli sebuah lukisan di pasar loak karena ia menyukai bingkainya. Harganya hanya empat dolar. Saat dia mencoba melepaskan bingkai dari kanvas, dia berhasil menemukan sebuah dokumen terlipat yang tampaknya merupakan salinan lama dari Deklarasi Kemerdekaan yang tersimpan di antara kanvas dan bingkainya. Kondisinya kurang baik dan nampaknya tinta masih basah saat salinan ini dilipat, dan baris pertama, ‘In Congress, 4 Juli 1776,’ muncul di margin bawah secara terbalik. Salinan tersebut dibuat oleh John Dunlap, pencetak salinan pertama Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat dan membawa penemunya mendapatkan jutaan dolar.

5. Siapa sih Jack Pollock??

Karya seni abstrak ini dibeli dari toko barang bekas California seharga 5 dolar sebagai hadiah. Karena terlalu besar untuk rumahnya, Teri Horton meletakkannya di antara barang-barang lainnya di halaman tokonya. Tiba-tiba seorang guru seni melihatnya dan bilang kalo ini lukisan Jack Pollock berdasarkan teknik lukisnya. Teri bereaksi dengan mengatakan, “Who the f**k is Jackson Pollock?”. Meskipun keabsahan lukisan itu tidak pernah terbukti, Teri menolak tawaran senilai 2 juta dolar dari sebuah galeri dan juga tawaran senilai 9 juta dolar dari seorang kolektor seni. Teri tidak akan menjualnya dengan harga di bawah 50 juta dolar.

6. Batu opal terbesar

Selain sangat luar biasa, opal ini 10 kali lebih besar dari opal terbesar sebelumnya yang pernah ditemukan. Beratnya 11 kilo dengan nilai perkiraan lebih dari satu juta dolar – tapi begitu dipotong dan dibuat menjadi perhiasan, nilai totalnya bisa jauh lebih besar! Ditemukan di Australia Selatan, jenis opal ini dikenal dengan nama Andamooka matrix opal.

Ada yang pernah nemuin harta karun?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *