Tidak Hanya Instagram, YouTube Juga Membuat Fitur Mirip InstaStories!

oleh

Tidak Hanya Instagram, YouTube Juga Membuat Fitur Mirip InstaStories!

IniBerita.News – Pengguna media sosial Instagram pasti sudah sering dan bahkan setiap hari membuat Instagram Stories di akun pribadinya. Bahkan para petinggi-petinggi negara juga tidak luput dari trend ini. Awalnya, fitur stories ini digarap dan digagas pertama kali oleh media sosial Snachat. Kemudian media sosial lainnya seperti Facebook, Instagram bahkan saat ini Anda bisa membuat konte stories di akun WhatsApp Anda. Fiture stories ini memberikan kemudahan bagi Anda untuk membagikan aktifitas Anda kepada para followers atau para pengguna media sosial lainnya. Anda tidak perlu repot-repot untuk menghapus konten stories tersebut karena unggahan Anda akan terhapus secara otomatis dalam waktu 24 jam. Saat ini, tidak hanya Instagram, WhatsApp dan Facebook yang memiliki fiture stories. Bahkan salah satu perusahaan teknologi terbesar, yaitu Google sepertinya akan ikut serta untuk menggunakan fiture ini. Google akan menambahkan akun stories dalam salah satu flatfrom mereka yaitu YouTube.

Reels, Fitur Baru YouTube

Salah satu akun media yang digunakan untuk berbagi video ini kini tengah melakukan uji coba terhadap fiture barunya. Fiture yang mirip dengan Stories yang diperkenalkan Snapchat, YouTube memberikan nama fiture ini dengan sebutan “Reels”. Namun fitur yang tengah dipersiapkan YouTube ini memiliki perbedaan dengan stories pada akun media sosial lainnya. Jika fiture stories berada di bagian paling atas dari media sosial, meka beda halnya dengan Reels. Fiture Reels akan berada pada tab baru yang ditambahkan dalam saluran pembuatan video.Ternyata pembuatan fiture ini didasari atas permintaan para pengguna akun YouTube yang menginginkan cara berbagi konten video sebagain saja tanpa harus mengupload video secara utuh. Perbedaan lain yang membedakan Reels dan Stories adalah dalam jangka waktu penayangan konten. Jika di stories yang diupload di media sosial lain seperti Instagram, WhatsApp dan Facebook akan hilang dalam kurun waktu 24 jam, maka tidak demikian dengan Reels. YouTube tidak memberikan jangka waktu pada Reels yang diupload oleh pengguna YouTube. Konten tersebut akan dibiarkan dilihat oleh para pengguna lainnya sepuasnya. YouTube akan memberikan kesempatan bagi para penggunanya untuk memiliki beberapa konten Reels.

Untuk membuat konten Reels cukup mudah, Anda hanya perlu memilih video yang Anda inginkan dengan durasi singkat yaitu 30 detik. Kemudian Anda bisa menambahkan teks atau music dan Anda dapat pula mempercantik konten yang akan Anda upload dengan fitur tambahan filter. Fiture Reels memberikan kemudahan bagi para penggunanya agar dapat berkomunikasi dengan para penonton videonya. Selain itu para pengguna YouTube dapat berbagi komentar dengan menggunakan teks, GIF, foto dan lain sebagianya. Adanya Reels ini merupakan salah satu dari sekian perubahan untuk YouTube. Meski demikian, YouTube belum membeberkan kapan fiture Reels ini akan dirilis secara resmi. Menurut Roy Livne, yang merupakan Senior Produuct Manager YouTube, pihaknya berfokus pada fiture yang memberikan konten untuk menghubungkan video YouTube dengan Sticker Youtube. Selain itu, sebelum diumumkan secara resmi, ia juga menambahkan bahwa pihaknya tengah melakukan eksperimen sebelum Reels dirilis dalam versi beta. Ia dan pihaknya kini tengah mempelajari dan meningkatkan produk sebelum di produksi secara umum. Bagi para penggunan YouTube atau YouTubers pasti sudah tidak sabar menunggu kapan Reels akan resmi tersedia untuk umum. Kita tunggu saja kapan konten ini akan resmi rilis. Sepertinya fiture Reels akan segera booming bagi para pecinta YouTube.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *