Tahu Gak Sih? Kentut Ternyata Punya Fakta Unik!

oleh

 

Tahu Gak Sih? Kentut Ternyata Punya Fakta Unik!

IniBerita.News – Sering kali orang merasa malu saat harus mengeluarkan gas berupa kentut dari dalam tubuh. Alasannya karena takut bunyi atau karena takut bau. Kentut sebenarnya merupakan bentuk keluarnya gas yang terdapat dalam usus Anda. Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukkan bahaw dalam satu hari, manusia rata-rata mengeluarkan gas atau kentut 5 sampai 10 kali. Jumlah ini bisa meningkat tergantung masing-masing orang. Baik karena jenis makanan yang dikonsumsi mau pun karena sistem pencernaan masing-masing orang yang berbeda-beda. Beberapa makanan yang dianggap sebagai pemicu produksi gas dalam usus adalah gandum, ubi jalar, kedelai, kacang-kacangan dan produk susu. Selain itu, sayur-sayuran yang berwarna hijau juga dianggap sebagai pemicu meningatnya produksi gas di dalam usus.

Baca Juga : Jadi Tempat Bunuh Diri Paling Terkenal di Jepang, Inilah Fakta Menyeramkan Hutan Aokigahara

Sayuran seperti lobak, kobis, kembang kol serta sayurn hijau lainnya memiliki kandungan pestisida yang lebih tinggi. Kandungan pestisida ini meningkatkan pembentukan gas dalam tubuh. Namun Anda tidak perlu khawatir, ada cara untuk menghentikan kentut yaitu dengan mengkonsumsi gula halus. Tapi tentunya mengkonsumsi gula halus dapat berakibat buruk bagi tubuh. Kentut sebenarnya memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, beberapa manfaat dari kentut adalah mengatur tekanan darah, anti inflamasi, anti pembengkakan, melancarakan peredaran darah di dalam tubuh dan dapat mengurangi resiko terserag penyakit kronis. Nah, selain memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, ada beberapa hal unik dari kentut. Berikut adalah hal unik dari kentut.

5 Hal Unik dari Ketut

  1. Kentut dapat mendeteksi alergi

Siapa sangka kentut yang sering disepelekan dan dianggap jorok bagi sebagian orang ternyata dapat mendeteksi adanya alergi dalam tubuh. Tubuh akan merespon jika terjadi alergi pada makanan tertentu, misalnya penyakit intoleransi laktosa dan celiac dapat meningkatkan frekuensi kembung pada tubuh yang dapat memicu seseorang akan lebih sering mengeluarkan gas dari dalam tubuh.

  1. Mencium kentut untuk kesehatan

Mungkin terkesan menjijikan, namun faktanya mencium bau kentut dapat berdampak baik bagi tubuh. Kentut mengandung hidroge sulfida yang dapat mencegah kerusakan mitokondria pada sel manusia, mengurangi resiko arthritis, penyakit jantung dan resiko terjadinya stroke.

  1. Mengurangi kembung

Kentut merupakan proses pengeluaran gas dari dalam tubuh, maka tidak heran jika ada larangan menahan kentut. Menahan kentut dapat berdampak pada kesehatan Anda dan dapat menyebabkan stroke. Mengeluarkan kentut dapat memperlancar fungsi pencernaan Anda dan dapat mengurangi kembung akibat berkurangnya gas yang ada di dalam tubuh.

  1. Baik untuk diet

Siapa bilang kentut tidak berperan dalam proses diet Anda? Kentut dapat membantu menyeimbangkan nutris dalam tubuh Anda. Hal ini bisa dideteksi dari bau kentut yang Anda keluarkan. Orang yang berlebihan dalam mengkonsumsi makanan non sayuran seperti daging merah, biasanya akan mengeluarkan kantut degan bau busuk. Namun berbeda dengan orang yang mengkonsumis makanan yang mengandung karbohidrat. Mereka biasanya memiliki kentut yang netral dan tidak berbau. Anda aan dapat menyeimbangkan nnutrisi yang masuk ke dalam tubuh Anda dari bau kentut yang Anda miliki.

  1. Menurunkan distensi usus

Distensi usus merupakan nyeri yang menyerang perut Anda. Kentut ternyata dapat menurunkan nyeri pada perut Anda. Oleh karena itu, orang dilarang untuk menahan kentut. Menahan kentut dalam waktu yang lama dapat menyebabkan nyeri perut yang dapat menyebabkan tubuh Anda merasa tidak nyaman. Jadi, sebaiknya Anda tidak menahan kentut dalam waktu yang lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *