Sering Melihat Update-an Foto Luar Angkasa? Begini Cara Astronout Update Medsos

oleh

Sering Melihat Update-an Foto Luar Angkasa? Begini Cara Astronout Update Medsos

IniBerita.News – Bagi Anda yang aktif berselancar di berbagai media sosial, pasti sering melihat update-an tentang luar angkas, baik itu foto bumi yang tampak dari luar angkasa hingga foto wajah para astronout yang berada di luar angkasa mau pun di pesawat luar angkasa. Khususnya bagi Anda yang menjadi pengikut atau followers dari akun media sosial lembaga luar angkasa millik Amerika Serikat yaitu National Aeronautics and Space Administration atau yag lebih dikenal NASA tidak jarang menggunggah foto luar angkasa. Bahkan akun media sosial NASA sering pula dipernuhi dengan wajah-wajah para sang astronout. Mungkin Anda tidak asing dengan nama orang-orang yang sering muncul di akun media sosial NASA seperti Samantha Cristoforetti, Randolph Bresnik, Reid Wiseman, Scott Kelly dan Chris Hadfield.

Cara Astronot Internetan di Luar Angkasa

Anda mungkin pernah bertanya-tanya tentang bagaimana cara para astronout tersebut mengakses internet untuk menggunggah beberapa aktifitas mereka selama di luar angkasa ke akun media sosial NASA mau pun akun media sosial pribadi mereka. Bagaimana bisa orang yang sedang bekerja di Stasiun Luara Angkasa Internasional atau International Space Station (ISS) dapat mengakses Facebook, Instagram, Twitter dan lain-lain? Selian itu, para astronout juga memiliki waktu yang padat selama berada di luar angkasa, pastinya waktu mereka untuk bermain media sosial sangat terbatas atau bahkan mereka malah tidak sempat untuk bermain media sosial. Ternyata, menurut Reid Wiseman yang merupakan salah satu astronout dari NASA, ia mengakui bahwa mereka memiliki kesibukan yang sangat padat, bahkan mereka pun tidak memiliki waktu untuk mengupdate media sosial dalam jadwal harian mereka. Menurut Wiseman, mereka biasanya bekerja hampir 12 jam lamanya dalam satu hari. Namun ditengah kepadatan aktifitas mereka di ISS, mereka tetap memiliki keinginan untuk membagikan keindahan bumi dilihat dari luar angkasa.

 

 

Ternyata di balik rajinnya para astronout ini mengupload foto bumi selama di luar angkasa, mereka dibantu oleh spesialis media sosial yang berada di bumi. Menurut Wiseman, ia dan rekan-rekannya sesama astronout mendapatkan arahan dari seorang ahli media sosial NASA bernama Craig Bernard. Setiap lembaga antariksa tentunya memiliki kebijakan dan prosedur terkait dengan publikasi konten di media sosial. Para astronout pastinya memiliki banyak konten foto bumi yang sayang sekali jika tidka dibagikan keindahannya. Nah, untuk membagikannya, para astronout tersebut kemudian mengirimkan konten tersebut ke bumi yang kemudian akan dipublikasikan oleh Bernard ke akun media sosial para astronout. Meski demikian, bukan berarti para astronout bekerja di luar angkasa tidak memiliki koneksi internet. Namun sayangnya koneksi internet di luar angkasa tergolong lambat dan bisa dibilang koneksinya tidak bisa diandalkan. Wiseman mengaku dalam 20 menit sekali ia terputus dari koneksi internet. Dalam sehari, para astronout mengiari bumi selama 90 menit dalam sehari yang menyebabkan mereka harus berganti-ganti satelit.

Namanya juga lembaga luar angkasa yang sudah canggih, NASA memberikan kemudahan bagi para astronoutnya agar bisa mengirim konten foto melalui sistem email yang diberi nama LiveEmail. Sistem ini sangat canggih sehingga dapat dengan mudah mengirim konten ke bumi. Biasanya para astronout memakan waktu 20 hingga 25 menit untuk mengirim sebuah konten. Namun dengan adanya sistem LiveEmail, mereka hanya membutuhkan waktu 1 menit saja untuk mengirim konten. Nah, bisa dibayangkan bagaimana rumitnya para astronout untuk membagikan keindahan bumi dari luar angkasa melalui media sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *