Samsung Galaxy S9 vs Nokia 8 Sirocco, Menang Mana?

oleh

Iniberita.News – Tanggal rilis dan spesifikasi Samsung S9 dan Nokia 8 Sirocco sudah resmi diumumkan di Barcelona, Spanyol pada Minggu (25/2/2018) waktu setempat.

Secara komersil, Samsung S9 sudah siap meluncur di pasaran pada Maret 2018 mendatang, dan disusul oleh Nokia 8 Sirocco yang diperkirakan rilis pada April 2018.

Hadir sebagai seri flagship dari masing-masing pabrikan, berikut adalah perbandingan spek dan harga kedua smartphone yang IniBerita.News rangkum dari berbagai sumber.

Dari segi desain, Nokia 8 Sirocco tak lagi menggunakan desain alumunium seperti seri Nokia 8 yang sudah meluncur di pasaran. HMD Global mengubah bodi depan dan belakang smartphoe ke Gorilla Glass 5 dan frame stainless.

Sedangkan untuk Galaxy S9, desain bodinya masih menggusung bodi yang sama dengan seri S8, yakni berbahan kaca untuk bagian depan dan belakangnya juga.

Di kategori dimensi, Nokia 8 Sirocco memiliki dimensi lebih ramping ketimbang Galaxy S9. Nokia 8 Sirocco memiliki dimensi 140.9 x 72.97 x 7.5mm, sedangkan Galaxy S9 berdimensi  147.7 x 68.7 x 8.5mm.

Dalam hal teknologi layar, Nokia 8 Sirocco menggunakan panel plastics OLED (POLED) yang memiliki ukuran bentang 5,5 inci. Sedangkan Samsung sendiri masih setia menggunakan Super AMOLED untuk layar 5,8 inci di Galaxy S9.

Perbandingan Dapur Pacu

Bila membandingkan dari segi sistem operasi, kedua smartphone flagship menggunakan OS Android yang paling mutakhir, yakni Android 8.0 Oreo.

Di kategori prosesor, Samsung menggunakan prosesor terbaru buatan Qualcomm, yaitu Snapdragon 845 untuk Galaxy S9 ini. Hanya saja, prosesor Snapdragon ini hanya tersedia untuk pasar Amerika Serikat. Untuk pasar negara lainnya, Galaxy S9 diperkuat oleh Exynos 9810.

Untuk Nokia 8 Sirocco sendiri, smartphone baru HMD ini diperkuat Snapdragon. Sayangnya bukan Snapdragon 845, melainkan Snapdragon 835.

Dari segi RAM, kedua smartphone ini mengusung ukuran ukuran RAM yang sama, yaitu 6GB. Hanya saja, untuk urusan microSD, Galaxy S9 lebih unggul kerena mendukung kapasitas hingga 400GB, sementara Nokia 8 Sirocco hanya 256GB.

Meski kedua smartphone memiliki kemampuan fitur fast dan wireless charging, Nokia 8 Sirocco lebih unggul dari kapasitas baterai yang ditawarkan. Nokia 8 Sirocco hadir dengan kapasitas baterai sebesar 3260mAh, sedangkan Galaxy S9 memiliki baterai berdaya 3000mAh.

Perbandingan Kamera dan Fitur Lainnya

Di kategori kamera, Nokia 8 Sirocco hadir dengan kamera belakang berkemampuan 12MP f/1.75 dan 13MP, f/2.6. Keduanya memiliki optik Carl Zeiss serta dual-LED flash, sedangkan kamera depan 5MP, f/2.0, 1080p.

Fitur-fitur yang ditawarkan masih sebatas geo-tagging, fokus sentuh, deteksi wajah, HDR, dan panorama.

Bagaimana dengan Galaxy S9? Untuk kategori ini, Samsung masih lebih unggul dengan menampilkan kamera belakang 12MP f/1.5, f/2.4 OIS, dan kamera depan 8MP, f/1.7, yang memiliki kemampuan perekaman video [email protected]

Fitur-fitur yang ditawarkan juga lebih canggin, yaitu fitur AR emoji. Ada juga fitur geo-tagging, perekaman video 4K and 9MP rekaman gambar bersamaan, fokus sentuh, deteksi wajah/senyum, Auto HDR, dan panorama

Samsung Galaxy S9 diperkuat stereo speaker dan konektor 3.5mm jack, untuk Nokia 8 Sirocco sendiri belum ada kejelasan akan kehadiran 3.5mm jack.1

Fitur pelengkap lainnya ada pemindai jari, IP67 – Resisten air dan debu di Nokia 8 Sirocco. Di Galaxy S9 juga sudah tersedia fitur pemindai iris mata, pemindai jari, monitor detak jantung, Samsung DeX, IP68.

Lantas berapa harganya? Nokia 8 Sirocco ditaksir dengan harga yang lebih tinggi ketimbang Galaxy S9, yakni Rp 12 juta. Sedangkan Galaxy S9 hanya dibandrol harga Rp 9.6 juta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *