Saat Depresi, Beberapa Makanan Ini Harus Kamu Hindari

oleh

Iniberita.newsSetiap orang pasti mengalami kesedihan didalam hidupnya, namun jika kesedihan itu sampai berlarut-larut akan menimbulkan depresi, putus asa dan hal tersebut sangat berbahaya sekali.

Sayangnya, sulit bagi seseorang untuk mengetahui bila ia memang mengalami depresi.

Beberapa tanda depresi biasanya keinginan makan yang meningkat atau berkurang drastis, tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Baca juga:

Diduga Melecehkan, Para Netizen dan Fans Via Vallen Menyerang Instagram Marco Simic

Ayah Olla Ramlan Meninggal Setelah Berjuang Melawan Penyakitnya Ungkap Sang Suami

Warganet Curhat di Twitter Setelah Terjadi Error Pada Instagram

Lagu Baru Wanna One Berjudul ‘Light’ Berhasil Meraja di Semua Tangga Lagu Korea

Depresi juga ditandai dengan selalu merasa terganggu dengan hal-hal kecil, tidak bisa fokus atau berkonsentrasi, dan tak lagi menikmati hal-hal yang membuat bahagia.

Ada beberapa makanan yang sebaiknya tak dikonsumsi, apabila Anda mengalami depresi atau rasa cemas.

1. Minuman bersoda

Minuman bersoda memiliki kandungan gula yang tinggi tanpa nutrisi. Minuman soda memiliki hubungan langsung dengan depresi juga.

2. Saus tomat

Saus tomat kemasan mengandung banyak gula, yaitu sekitar 4 gram per sendok makan. Makanan yang memiliki pemanis buatan bisa dikaitkan dengan kecemasan dan depresi.

Cobalah buat saus tomat sendiri sebagai gantinya. Jika ingin memberi rasa yang menarik, tambahkan sedikit cabai rawit.

3. Jus buah

Serat dalam buah utuh mengisi dan memperlambat darah untuk mengambil energi. Bila dibuat jus, maka seratnya akan hilang yang berarti Anda ibaratnya hanya minum air gula.

Air gula membuat Anda dengan cepat  bersemangat, tetapi cepat pula semangat tersebut hilang.

Kondisi ini  bisa membuat lapar dan marah yang tentu saja tidak akan membantu seseorang dengan kecemasan dan depresi.

Maka itu, makanlah buah secara utuh (buah potong), dan saat haus, minumlah air putih

4. Roti panggang

Jika terbuat dari roti putih, roti panggang memang tak disarankan karena tepung putih yang diproses itu dengan cepat meningkatkan gula darah.

Kondisi ini menyebabkan lonjakan energi yang bisa berakibat buruk bagi mereka yang alami kecemasan dan depresi. Lebih baik gunakan roti gandum.

5. Makanan yang diproses

Mengonsumsi banyak daging olahan, makanan yang digoreng, olahan sereal, permen, kue kering, dan produk susu berlemak tinggi, cenderung membuat seseorang jadi cemas dan tertekan.

Atur pola makan dengan konsumsi makanan biji-bijian kaya serat, buah-buahan, sayuran, dan ikan agar dapat membantu kesehatan mental tetap lebih baik.

6. Kopi

Jika tidak terbiasa mengonsumsi kopi, kafein di dalamnya dapat membuat Moms gelisah dan gugup. Kopi juga dapat mengacaukan pola tidur, yang tentu saja tidak membantu kecemasan atau depresi.

Bila Anda merasa itu dapat menyebabkan masalah, kurangi kafein secara perlahan. Namun jika sudah terbiasa mengonsumsi kopi, kopi dapat membantu mengurangi perasaan tertekan Anda.

7. Kecap

Selain roti, mie, dan kue kering, kecap juga termasuk dalam makanan yang sebaiknya tak dikonsumsi oleh orang yang mudah cemas dan depresi.

Makanan ini khusus hanya bagi orang yang sensitif terhadap gluten. Kecap juga bisa membuat diri merasa lamban dan tidak dalam kondisi terbaik.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *