Rupiah Kembali Menguat Saat Ini Sudah Mencapai Rp13.896 per Dolar AS

oleh

Iniberita.news –  Rupiah mulai menguat kembali, pada akhir penutupan perdagangan pada kamis 31-05-2018 nilai tukar rupiah terhadap dolar AS kembali menguat dan mencapai Rp 13.896. Nilai ini menguat sebesar 97 poin atau 0,69 persen jika dibanding dengan sesi penutupan Rabu (30/5) kemarin.

Penguatan rupiah Kamis ini merupakan yang terkuat jika dibandingkan dengan penguatan sejumlah mata uang di kawasan Asia.

Sebagai perbandingan, untuk won Korea Selatan, pada perdagangan Kamis ini ditutup menguat 0,34 persen, ringgit Malaysia menguat 0,25 persen, dan peso Filipina hanya menguat 0,2 persen.

Sementara itu untuk dolar Singapura, penguatan hanya mencapai 0,18 persen, baht Thailand 0,12 persen, dan yen Jepang 0,03 persen. Di Asia, hanya dolar Hong Kong dan rupee India yang melemah masing-masingnya 0,01 persen dan 0,06 persen.

Baca juga:

Dawam Rahardjo Seorang Tokoh Islam Meninggal Dunia di Usia yang ke-76

Beginilah Penampilan Cantik Meggy Diaz yang Dikabarkan Dekat Dengan Tukul

Kartu Perdana Khusus Turis Tiongkok Resmi Diluncurkan Oleh Indosat Ooredoo

Beginilah Cara Mencegah Naiknya Asam Lambung

 

Sementara mata uang negara maju kompak menguat terhadap dolar AS. franc Swiss misalnya, menguat 0,37 persen, euro Eropa menguat 0,34 persen, poundsterling Inggris menguat 0,29 persen, dolar Kanada menguat 0,2 persen, rubel Rusia menguat 0,16 persen, dan dolar Australia menguat 0,06 persen.

Direktur Utama PT Garuda Berjangka Ibrahim memperkirakan penguatan rupiah masih akan kembali terjadi pada perdagangan pekan depan.

Penguatan akan ditopang dua faktor. Pertama rilis data perekonomian China dan AS.

“Kalau data ekonomi China positif, kemungkinan rupiah menguat,” katanya

Sementara dari domestik, satu-satunya sentimen baru yang akan menopang pergerakan rupiah pekan depan adalah rilis data inflasi dari Badan Pusat Statistik (BPS), di mana pasar berekspektasi bahwa inflasi akan meningkat seiring telah memasuki bulan Ramadan.

Data terakhir BPS per April 2018, inflasi bulanan sebesar 0,1 persen, secara tahun berjalan 1,09 persen, dan secara tahunan di angka 3,41 persen.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *