,

Ponsel Kamera Pertama di Dunia dan Sejarahnya, Ternyata Gara-Gara Bayi..

oleh

Ponsel Kamera Pertama di Dunia dan Sejarahnya, Ternyata Gara-Gara Bayi..

IniBerita.News – Ponsel telah menjadi gadget yang paling sering digunakan untuk berbagai kegiatan sehari-hari. Bahkan, ponsel bisa dibilang sebagai gadget wajib punya. Ini karena fitur dalam ponsel sudah sangat beragam sehingga fungsinya tak sekedar untuk mengirim pesan singkat ataupun menelepon. Salah satu fitur ponsel yang banyak digunakan dan dipilih ialah kamera. Beberapa tipe ponsel tertentu bahkan memiliki keunggulan utama dari segi kameranya. Fitur kamera juga seringkali jadi bahan pertimbangan utama bagi seseorang yang hendak membeli gadget ini. Namun, tahukah kalian seperti apa kamera ponsel yang pertama kali ada di dunia?

Kisah di Balik Kamera Ponsel Pertama di Dunia

Terciptanya kamera ponsel pertama di dunia ternyata tidak lepas dari kelahiran seorang anak. Adalah matematikawan asal Prancis bernama Philppe Kahn yang pertama kali menemukan kamera ponsel. Pria berumur 65 tahun ini adalah sosok di balik adanya fitur kamera dalam ponsel. Ide ini berawal dari keinginannya mengirim foto sang putri yang baru lahir secara real time pada keluarga serta kerabat. Pada 1997, Kahn lalu memasukkan first point dan shot lalu membagikan kamera dalam Motorola Startac, ponsel populer pada zaman itu.

Baca Juga : Kenangan Terakhir Bayi Imut Adam Fabumi untuk Video Klip Terbaru RAN Bikin Mewek

Terciptanya kamera ponsel bertepatan dengan ulang tahun sang putri. Pada tanggal 11 Juni 1997, foto Sophie, putri Kahn yang baru lahir, resmi menjadi foto yang pertama kali diambil di dunia menggunakan ponsel. Foto tersebut kemudian dirilis majalan TIME serta terpilih sebagai salah satu foto paling berpengaruh di dunia. Kahn sendiri adalah pria kelahiran Paris dan berasal dari keluarga pembuat kabinet serta musisi. Selain menemukan kamera ponsel untuk kali pertama, Kahn juga tercatat sebagai inventor dunia teknologi. Salah satunya adalah sebagai pendiri dari empat perusahaan teknologi dunia.

 

Perkembangan Kamera Ponsel Pasca Penemuan Kahn

Setelah ditemukannya kamera ponsel pertama kali oleh Kahn, perkembangannya semakin maju dan canggih.

  1. Pada 2002, ditemukan kamera VGA berkekuatan 0,3 MP. Di tahun yang sama, vendor Nokia meluncurkan ponsel pertama dengan kamera VGA yaitu Nokia 7650. Namun, ponsel tersebut belum mampu merekam video.
  2. Perkembangannya berlanjut dengan kamera VGA 1,3 MP. Ponsel pertama dengan kekuatan kamera ini adalam Samsung SCH-V420 pada 2003.
  3. Pada 2005, diluncurkan kamera 2 MP oleh vendor Sony Ericsson melalui ponsel S750. Ponsel ini juga adalah ponsel pertama yang memiliki fitur autofokus.
  4. Sony kemudian meluncurkan ponsel dengan kamera 3,2 MP pada 2006 dengan nama Sony Ericsson K800
  5. Di tahun yang sama yaitu 2006, Nokia meluncurkan seri N93 yang telah dilengkapi kamera video serta 3x Optical Zoom
  6. Di tengah persaingan yang makin panas, Nokia mengeluarkan N95 pada 2007 yang memiliki resolusi 5 MP
  7. Merk Nokia semakin mengukuhkan posisi mereka sebagai vendor ponsel nomor satu dunia dengan merilis Nokia N86 yang dibekali kamera 8 MP pada 2009
  8. Masih pada 2009, Samsung mengejutkan publik dengan merilis Samsung M8910 Pixon12 yang dibekali kamera 12 MP
  9. Nokia N8 diluncurkan pada 2010 dengan sensor kamera lebih besar dan resolusi tinggi yaitu 12 MP
  10. Pada 2013, Sony meluncurkan ponsel dengan kamera 13 MP lengkap dengan fitur andalan berupa LED flash dan autofokus
  11. Samsung turut membuat gebrakan dengan Samsung Galaxy Camera GC100 yang memiliki kapasitas kamera hingga 16,3 MP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *