Perlu Tahu! Ini Faktor-Faktor Penyebab Payudara Mengendur

oleh

IniBerita.News – Perlu Tahu! Ini Faktor-Faktor Penyebab Payudara Mengendur

Payudara adalah salah satu bagian tubuh yang dinilai wanita memiliki daya tarik tersendiri dan menjadi kebanggaan tersendiri, terlebih saat payudara terlihat kencang dan memiliki bentuk yang indah. Namun, banyak juga wanita yang merasa kecewa lantaran payudara yang dimilikinya mengendur dan tidak kencang seperti biasanya. Hal ini tidak jarang membuat wanita merasa kurang percaya diri. Bertambahnya usia bisa menjadi penyebab kendurnya payudara yang dimiliki wanita, sehingga sering kali pertambahan usia menjadi ketakutan tersendiri bagi wanita. Meskipun faktanya, penyebab payudara mengender tidak hanya sebatar faktor usia dan telah menikah saja, melainkan kendurnya payudara juga bisa terjadi kepada wanita yang masih muda dan belum menikah sekalipun. Berikut ini adalah fakto-faktor utama yang bisa menyebabkan payudara mengendur.

Salah menggunakan bra

Ternyata memilih bra yang tepat sangat membantu dalam menjaga bentuk payudara karena dengan menggunakan bra dengan kualitas yang baik akan membantu melancarkan aliran darah di payudara. Sering kali pemilihan bra dapat dianggap sepele oleh wanita karena dianggap bra hanyalah sebuah pakaian saja. Mengenakan bra dengan ukuran yang tepat juga sangat penting, karena jika mengenakan bra yang terlalu besar atau yang longgar akan membuat payudara kendur karena bra tersebut tidak mampu menyangga payudara. Sedangkan menggunakan bra ukuran kecil akan mengganggu pernapasan dan payudara menjadi terjepit.

Baca Juga : Pamer Mandi Uang dan Pershiasan di Dalam Jaccuzi, Wanita Ini Dihujat

Merokok

Tidak hanya berbahaya bagi pria, rokok juga memiliki dampak buruk terhadap wanita. Selain berdampak untuk kesehatan wanita, rokok juga bisa menjadi faktor penyebab payudara mengendur. Kandungan karsinogen pada rokok sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh karena dapat merusak serat elastin yang berfungsi untuk sistem pertahanan yang menjaga kelnturan dan elastisitas kulit payudara. Seringnya terpapar asap rokok bisa menyebabkan penuaan dini pada kulit dan juga payudara menjadi kendur sebelum waktunya serta menyumbat aliran darah ke payudara.

Kekurangan Vitamin C

Sama seperti jaringan kulit di seluruh tubuh, payudara juga membutuhkan asupan vitamin C yang cukup. Vitamin C dapat membangun jaringan elastis pada kulit sehingga dapat menjaga bentuk payudara sehingga mengurangi payudara mengendur sebelum waktunya.

Penurunan berat badan

Saat terjadi penurunan maupun kenaikan berat badan, ketebalan lemak-lemak di dalam tubuh juga ikut berubah. Hal ini disebabkan perubahan berat badan membuat ligament pada tubuh menjadi tidak berada di posisi sebelumnya. Penurutnan berat badan juga akan membuat payudara berpindah tempat sehingga payudara menjadi kendur dan tidak kencang lagi. Selain itu, penurunan berat badan akan mempengaruhi kekenyalan payudara karena sebanyak 70 persen lemak dan kelenjar susu bercampur membentuk payudara. Sedangkan sisanya, lemak berada di lapisan bawah kulit payudara.

Menopause

Pada usia menopause, kelenjar estrogen pada wanita akan mengalami penurunan dan lama-kelamaan tidak meproduksi hormon estrogen lagi. Hormon estrogen yang merupakan hormon seks yang dimiliki wanita berpengaruh terhadap pertumbuhan payudara yang akan menstimulasi perkembangan jaringan kelenjar susu. Seiring siklus menstruasi setiap bulannya yang terjadi pada wanita, kadar estrogen akan meningkat sehingga menyiapkan tubuh wanita dalam menghadapi proses kehamilan. Hal tersebut memiliki dampak terhadap perkembangan jaringan payudara.

Untuk itu, sebelum terlambat Anda bisa melakukan tindakan-tindakan yang bisa merawat bentuk payudara Anda sehingga tetap kencang dan indah. Mengenakan bra yang tepat, melakukan masker atau pemijatan payudara, dan jika Anda melakukan diet maka lakukanlah dengan diet sehat dengan mengkonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang adalah beberapa cara yang dapat dilakukan agar menjaga kelenturan payudara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *