Percaya atau Tidak, Cairan Tubuh Hewan- hewan Ini Berharga Milyaran Rupiah!

oleh

Percaya atau Tidak, Cairan Tubuh Hewan- hewan Ini Berharga Milyaran Rupiah!

IniBerita.News – Bagi pecinta hewan pasti sudah tidak asing jika menemukan jenis hewan langka yang diperjualbelikan dengan harga jutaan sampai ratusan juta rupiah per ekornya. Semakin langka keberadaannya akan semakin mahal pula harganya. Tapi tahukah Anda, ternyata cairan tubuh dari hewan-hewan tertentu juga diperdangakan lho. Cairan tubuh makhluk hidup apalagi hewan biasanya dianggap menjijikkan oleh sebagian besar orang. Cairan tubuh ini bisa meliputi air liur, darah, lendir ataupun racun yang terkandung di dalam tubuh hewan. Jika tidak hati-hati cairan tubuh hewan tertentu bisa membawa bakteri ataupun virus berbahaya apabila masuk ke dalam tubuh.

Cairan tubuh hewan tertentu banyak dijadikan barang komersil karena manfaat dan kegunaannya. Ada cairan tubuh hewan yang dapat digunakan sebagai obat mujarab untuk penyakit tertentu, berkhasiat untuk kecantikan ataupun hanya sekedar untuk koleksi karena keberadaannya yang langka dan proses memperolehnya yang sulit. Semakin sulit barang-barang tersebut diperoleh akan semakin tinggi pula harga jualnya. Ada beberapa cairan berharga fenomenal yang berasal dari hewan-hewan liar. Kelangkaan jenis hewan dan tingkat kesulitan dalam mengekstraksi cairan dari tubuh hewan ini menentukan seberapa tinggi harga jual yang dilepas di pasaran. Berikut ini beberapa cairan tubuh hewan dengan harga termahal di dunia:

  1. Racun Kalajengking

Selama ini kalajengking dianggap sebagai hewan yang berbahaya karena ekornya mengandung racun yang dapat mematikan manusia apabila tertusuk. Racun pada kalajengking ini adalah sebuah bentuk pertahanan diri dari musuh. Tetapi ternyata tidak semua jenis racun kalajengking mematikan, hanya ada sekitar 25 spesies kalajengking yang racunnya dapat berakibat fatal jika masuk ke dalam tubuh melalui sengatannya. Dibalik bahaya yang dimilikinya, ternyata racun kalajengking juga bisa berguna untuk pengobatan diantaranya untuk radang usus, arthrittis, multiple sclerosis hingga penyakit lupus. Karena manfaatnya ini, racun kalajengking dihargai senilai Rp469 miliar per galonnya.

  1. Bisa Ular King Cobra

Ular juga merupakan binatang yang terkenal akan bisanya yang berbahaya. King Cobra sendiri adalah salah satu jenis ular yang diketahui memiliki bisa paling mematikan. Bisa dari ular ini dapat membunuh seekor gajah dalam hitungan jam, bayangkan saja apa yang terjadi jika racun ini masuk ke dalam tubuh manusia. Meskipun berbahaya, bisa ular king cobra ini justru banyak dicari karena harganya yang fantastis yaitu 1,8 miliar rupiah per galon. Tingat kesulitan dan risiko dalam memperolehnya serta kegunaan dari bisa ular ini bisa jadi sepadan dengan harganya yang selangit. Bisa yang diekstrak dalam dosis yang kecil ternyata mampu digunakan untuk pengobatan.Kandungan protein di dalam bisa ular king cobra diketahui dapat mengobati alzheimer, skizofrenia dan penyakit parkinson. Bisa ular ini juga ternyata ampuh meredakan rasa sakit melebihi obat-obatan lain.

  1. Darah Kepiting Jenis Tapal Kuda

Darah kepiting tapal kuda tidak seperti darah-darah lainnya. Kepiting tapal kuda merupakan hewan berdarah biru. Bukan berarti hewan ini turunan bangsawan ya, tetapi memang darahnya berwarna biru karena tidak mengandung hemoglobin melainkan hemocyanin. Darah kepiting tapal kuda memiliki karakteristik tersendiri yang sangat berguna di bidang farmakologi. Darah kepiting tapal kuda bisa digunakan sebagai indikator dalam proses pembuatan obat karena darah ini akan cepat membeku ketika kontak langsung dengan bakteri ataupun patogen lainnya. Tidak heran jika satu galon darah kepiting tapal kuda ini dihargai Rp 721 juta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *