Pameran IIMS 2018 Resmi Dibuka Jokowi dan Katakan Refvolusi Industri 4.0 Tidak Akan Pangkas Tenaga Kerja Otomotif

oleh

Iniberita.news – Presiden Joko Widodo resmi membuka pameran otomotif akbar Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4/2018).

‎Dalam sambutannya, Jokowi yang mengenakan kemeja putih panjang dan celana hitam menyampaikan kepada pelaku industri otomotif, jika saat ini sudah memasuki revolusi industri 4.0.

“Revolusi industri 4.0 mengarah ke otomotif juga‎. Industri otomotif akan menciut luar biasa, itu prediksi dan saya nggak percaya,” kata Jokowi.

Perubahan revolusi industri 4.0 akan mengubah jenis pekerjaan, dimana tenaga kerja nantinya bisa digantikan oleh robot dari sebelumnya dikerjakan oleh manusia.

Baca juga:

Tampilan Baru All New Ertiga Siap Bersaing dengan Xpander

Penjelasan CIA Tentang Isu Saddam Husein Masih Hidup dan yang Dikubur Ternyata Palsu

Brunai yang Dulu Kaya Akan Minyak Sekarang Dikabakan Sudah Jatuh Miskin

Berbagai Luka Bisa Disembuhkan Oleh Bumbu Dapur Ini

Sementara untuk sektor otomotif, kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu, ke depan mobil ‎akan menggunakan listrik dan sistem berbagi kendaraan oleh pabrikan mobil, namun hal tersebut tidak menyurutkan industri otomotif akan tertekan.

“Saya percaya industri 4.0, pertumbuhan sektor industri otomotif akan melonjak. Bahwa jenis pekerjaan akan berubah iya. Tapi jumlah pekerja sektor otomotif dan transportasi akan berkurang, menurut saya tidak,” papar Jokowi.

Jokowi mencontohnya, jika nantinya masyarakat tidak membeli mobil dan beralih ke transportasi mobil, seperti transjakarta ataupun taksi yang penggunaanya bisa mencapai 8 jam atau bahkan 24 jam.

“Yang pasti mobil harus dirawat intensif, interior dicuci, berapa sulitnya merawat taksi yang 18 jam keluar masuk, ‎artinya mobil harus dirawat dan merawat mobil jasa padat karya,” ucap Jokowi.

Pameran IIMS 2018 ini akan berlangsung selama 11 hari mulai tanggal 19 – 29 April 2018 disemua Hall ABCD JIEXPO Kemayoran yang dihadiri 32 merek kendaraan motor dan mobil.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *