Obat Kumur yang Mengandung Alkohol Tidak Disarankan, Ini Alasannya

oleh

Iniberita.newsObat Kumur saat ini sudah banyak dipakai oleh masyarakat selain juga memakai pasta gigi agar nafas segar dan juga menghindarkan dari bau mulut. Namun dikatakan bahwa ada beberapa obat kumur yang tidak disarankan untuk dipakai.

Obat kumur yang tidak disaranakan dan dikatakan akan membahayakan adalah obat kumur yang mengandung alkohol sebenarnya telah dikaitkan dengan kanker mulut sejak tahun 1970-an.

Tetapi, penelitian yang lebih baru kembali mempertanyakan hubungan tersebut.

Peneliti mendapati bahwa banyak peserta dalam studi sebelumnya yang ternyata rutin mengonsumsi minuman alkohol dan merokok, sehingga sulit untuk memastikan kebiasaan manakah yang sebenarnya memicu kanker mulut.

Baca juga:

Karena Puntung Rokok, Pasar Baru Bandung Hampir Terbakar Pengunjung dan Penjual Dilarang Merokok

Seorang Warga Prancis Melakukan Bunuh Diri di Masjidil Haram

Diberi Kejutan, Ririn Ekawati Malu-malu Saat Bertemu Idola

Anthony Bourdain Sebelumnya Sempat Syuting di Resto Padang di Jakarta Sebelum Bunuh Diri

Walau belum ada bukti lebih lanjut tentang kaitan obat kumur beralkohol dengan kanker mulut, Dr Gerry Curatola, pendiri Rejuvenation Dentistry di New York City memperingatkan bahwa sering menggunakan obat kumur dengan kandungan alkohol dapat menyebabkan masalah mulut lainnya.

“Mouthwash seharusnya tidak mengandung alkohol,” kata Curatola. “Alkohol dapat menyebabkan dehidrasi dan merusak keseimbangan bakteri alami dalam mulut.”

Curatola menjelaskan, masih banyak obat kumur yang mengandung alkohol. Terlalu sering menggunakan obat kumur jenis tersebut dapat membunuh bakteri baik dalam mulut, sehingga bakteri jahat akan semakin cepat berkembang dan membuat kerusakan pada gigi.

Jadi, bila Anda memutuskan untuk menggunakan obat kumur usai sikat gigi, pastikan obat kumur tersebut tidak mengandung alkohol.

Penggunaan obat kumur sendiri, walau tanpa alkohol, sebenarnya tidak terlalu sering diperlukan, kata Curatola. Kecuali jika Anda sedang mengalami masalah dalam mulut, seperti karang gigi, sariawan, atau sedang terserang flu, bahan kimia dalam obat kumur dapat membantu membersihkan mulut dari bakteri. Bila tidak, sikat gigi dengan pasta gigi saja sudah cukup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *