Nyata! 5 Teknologi Super Canggih Ini Nggak Cuma Ada di Film

oleh

Nyata! 5 Teknologi Super Canggih Ini Nggak Cuma Ada di Film

Iniberita.News – Melihat pesatnya perkembangan teknologi saat ini, rasanya mungkin saja inovasi dalam bidang teknologi muncul lagi dalam bentuk yang lebih menakjubkan. Coba saja telisik kembali sekitar 10 sampai 20 tahun ke belakang, kayaknya nggak ada yang pernah kepikiran akan banyak yang mengetahui berbagai kisah miris nan viral di berbagai belahan dunia hanya dengan melihat layar digital mini. Semua ini membuktikan, bahwa tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini.

Teknologi yang nyaris mustahil dalam film-film Sci-fi atau film-film berbalut teknologi beberapa tahun silam, bahkan kini dapat kita temui di dunia nyata. Apa saja inovasinya? Yuk simak yang berikut!

  1. Smartwatch

Bagi kamu anak 90-an yang doyan nonton ‘Power Rangers’ pasti pernah lihat kalau para ranger menggunakan jam tangan yang bisa digunakan untuk berbicara layaknya telepon. Nah, jangan sedih, bagi kamu yang ingin bergaya ala-ala ‘Power Rangers’, teknologi ini sudah beberapa tahun belakanga muncul di dunia nyata. Dialah smartwatch, yaitu jam tangan canggih yang dapat dibuat terintegrasi dengan smartphone kamu, sehingga bisa digunakan untuk telepon, sms, bahkan beberapa smartwatch bisa digunakan untuk video call.

  1. Printer 3D

Pernah nonton film ‘Star Trek’? Dalam film ini terdapat alat canggih bernama Replicator. Ternyata, di dunia nyata pun ada teknologi serupa, yaitu 3D Printer. Alat ini memungkinkan kamu mencetak berbagai macam barang tanpa membatasi kreativitasmu. Mulai dari kaos, pajangan, spare part, hingga senjata bisa dicetak menggunakan alat super canggih ini.

  1. Komputer transparan

Dalam film-film Sci-fi tentang masa depan kerap kali kita jumpai teknologi keren berupa komputer dengan layar transparan atau bahkan 3D yang dapat dioperasikan hanya dengan gerak jari-jarimu. Salah satunya dalam film ‘Minority Report’ yang diperankan oleh di ganteng Tom Cruise. Ternyata, teknologi dalam film tersebut kini bisa kita nikmati secara nyata. Pada 2008, perusahaan Oblong Industries mengeluarkan G-Speak, sebuah sistem baru yang menggunakan Spatial Operating Environment (SOE) yan memungkinkan seseorang dapat menggabugkan teknologi input berbasis gesture dengan jaringan internet. Tak hanya itu, Microsoft juga turut mengembangkan komputer bersensor 3D dan menggunakan laya transparan seperti dalam film-film Sci-fi. Canggih!

  1. Sarung tangan Repulson Ray milik Iron Man

Iron Man terkenal dengan senjata Repulsor Ray, yaitu semacam sinar laser yang dipasangkan di telapak tangan pada baju zirahnya. Ternyata, teknologi tidak hanya bisa dimiliki oleh Iron Man, loh! Dalam beberapa tahun terakhir, Patrick Preibe, seorang teknisi laboratorium di Jerman, tengah mengembangkan senjata yang mirip dengan Repulsor Ray milik Iron Man itu. Sama-sama dipasangkan ditangan dan memiliki bentuk yang sederhana. Kekuatan energinya berasal dari baterai lithium-ion yang dipasangkan.

  1. Siri, si pengganti pacar

Buat yang pernah nonton film ‘Her’ dan mencoba berkontemplasi, rasanya kisah dalam film tersebut benar-benar terjadi di masa kini. Dalam film tersebut digambarkan seorang pria bernama Theodore melakukan hubungan khusus dengan sebuah mesin. Nah, ternyata hal ini mungkin terjadi kini. Untuk kamu yang kesepian, Siri bisa menjadi temanmu, lho! Siri adalah asisten pribadi pintar dalam perangkat iOS yang dapat menolongmu menyelesaikan sesuatu hanya dengan memintanya. Persis dalam film ‘Her’, Siri memungkinkan kamu mengirim pesan dengan menggunakan suaramu, membuat jadwal pertemuan, melakukan panggilan, dan sebagainya. Tak butuh kata kunci, Siri mengerti dengan natural suaramu. Menakjubkan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *