Menurut Quick Count Pilkada 2018, Inilah Hasil Pilkada 2018 Jabar, Jatim, Jateng

oleh

Iniberita.newsPilkada serentak tengah dilakukan di beberapa daerah di Indonesia, beberapa lembaga juga tengah melakukan hitung cepat (quick count) pada sejumlah daerah untuk melihat perolehan sementara pasangan mana yang akan menjadi pemenang di Pilkada 2018 di masing-masing daerah nantinya.

Hasil pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2018 di tiga provinsi di Indonesia, yakni Jatim, Jateng, dan Jabar telah diketahui versi hasil hitung cepat (quick count) Pilkada 2018 oleh Tim Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kompas, Rabu (27/06/2018).

Hasil hitung cepat Pilkada 2018 Litbang Kompas menempatkan pasangan nomor urut 1 Khofifah Indar P-Emil Dardak sebagai pemenang Pilkada Jatim.

Khofifah-Emil  memperoleh 53,36 persen suara.

Sedangkan pesaingnya, Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno menempati urutan kedua dengan perolehan 46,64 persen suara.

Baca juga:

Unggul Dalam Quick Count Pilgub Sumut 2018 Pada Pilkada Sumut, Edy Rahmayadi di Telepon SBY

Karena Keputusan KPU, Kepercayaan Aceh Terhadap Pusat Bisa Berkurang

Pilkada 2018: Quick Count Pilkada 2018, Kotak Kosong Menang di Pilkada Makassar

Pilkada 2018: Inilah Hasil Perhitungan Cepat Pilgub 2018 di Beberapa Daerah

Quick count Pilkada 2018 di Pilkada Jateng Berdasarkan hasil hitung cepat ini, pasangan nomor 1 di Pilkada Jawa Tengah, Ganjar Pranowo-Taj Yasin dinyatakan menang dengan perolehan suara 58, 34 persen.

Kemudian pasangan dengan nomor urut 2 Pilkada Jawa Tengah, Sudirman Said-Ida Fauziyah memperoleh 41,66 persen suara.

Quick count Pilkada 2018 di Pilkada Jabar Advertisment Hasil hitung cepat Litbang Kompas untuk Pilkada Jawa Barat menempatkan pasangan nomor 1, “Rindu” atau Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum sebagai pemenang.

Ridwan dan Uu memperoleh 32,54 persen suara.

Angka ini berbeda tipis dengan perolehan pasangan Pilkada Jabar nomor urut 3, “Asyik” atau Sudrajat-Ahmad Syaiku yang mendapatkan 29,53 persen suara.

Posisi ketiga Pilkada Jabar ditempati oleh pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi dengan perolehan 25,72 persen suara dan disusul pada posisi terakhir pasangan Tubagus Hasanuddin-Anton Charliyan dengan perolehan 12,2 persen suara.

Perlu diingat, angka ini bukan hasil penghitungan resmi. KPU akan melakukan rekapitulasi hasil suara hingga 9 Juli 2018. Hasil penghitungan resmi akan diumumkan KPU setelah rekapitulasi selesai.

Dalam hitung cepat ini Litbang Kompas mengambil 400 sampel TPS dengan metode pemilih sampel stratified sistematic sampling yang tersebar di seluruh daerah.

Adapun simpangan kesalahan (margin of error) 1 persen. Artinya, hasil survei Pilkada 2018 bisa bertambah atau berkurang sekitar 1 persen. Survei ini memiliki tingkat kepercayaan 99 persen.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *