Menakjubkan! Ini Dia 6 Teknologi Dibidang Kedokteran di Masa Depan, Ada Print Organ Tubuh!

oleh

Menakjubkan! Ini Dia 6 Teknologi Dibidang Kedokteran di Masa Depan, Ada Print Organ Tubuh!

IniBerita.News – Dunia teknologi tidak hanya sebatas kemajuan gadget dan pemanfaatan internet semata. Seiring berkembangnya teknologi, bidang kesehatan juga turut merasakan dampak dari kemajuan pesatnya. Teknologi dalam bidang kesehatan pun kini sedang maju-majunya. Banyak ilmuwan berlomba-lomba untuk memecahkan masalah medis melalui pengembangan teknologi.

Berbagai teknologi dalam bidang kesehatan hingga kini semakin berkembang dan dapat telah dapat kita rasakan manfaatnya. Melihat perkembangan ini, bukan suatu hal yang tidak mungkin, jika teknologi bidang kedokteran di masa depan akan semakin canggih. Bahkan, mungkin bisa saja dikatakan ‘gila’. Berikut ini beberapa teknologi di bidang kedokteran yang dipercaya akan hadir di masa depan. Yuk, simak!

  1. Lensa Kontak Digital Google

Google mematenkan lensa kontak digital ajaib miliknya. Lensa kontak digital ini bukan lensa kontak biasa. Produk buatan Google ini bisa menjadi media untuk mendeteksi kesehatan pemakainya. Lensa kontak digital ini juga bisa mendeteksi gejala diabetes dengan mengukur kadar glukosa darah dari air mata. Lensa kontak pintar ini akan mengirim hasil deteksi kesehatan pemakainya ke perangkat tablet atau smartphone-nya

  1. Microsoft HoloLens

Adalah sebuah teknologi komputasi visual yang mirip fungsinya dengan kacamata pintar. Benda ini menggabungkan virtual reality dengan augmented reality, sehingga menciptakan mixed reality. Microsoft HoloLens dapat memproyeksikan informasi digital ke dalam apa yang kita lihat. Dengan teknologi ini kita bisa melihat anatomi tubuh manusia secara hologram.

  1. 3D Medical and Organs Printing

Bukan hanya hasil ketikan komputer, kini motif hijab hingga senjata bisa dibuat dengan teknologi printing. Dunia kedokteran juga tak mau ketinggalan, Industri bioteknologi tengah mengerjakan pencetakan pada obat bahkan sel hidup. Hal ini memungkinkan pasien yang lengan atau bagian tubuhnya harus diamputasi, dapat memiliki lengan atau kaki baru yang lebih mirip aslinya. Tak hanya itu, lebih praktis, obat-obatan juga kini bisa langsung dicetak menggunakan alat ini. Bahkan, tidak hanya obat dan organ luar saja yang dapat dicetak, organ dalam tubuh juga dpat diciptakan dengan alat ini.

  1. iKnife

Jika hampir smeua orang mengenal iPhone sebagai telepon pintar, dalam bidang kedokteran hadir juga pisau pintar yang dinamakan iKnife. Bukan Steve Jobs, melainkan Zoltan Takats dari Imperial College London yang mengembangkan teknologi ini. Ia memanfaatkan teknologi lama, di mana arus listrik memanaskan jaringan untuk membuat sayatan. Teknologi ini diklaim lebih akurat, mapu mengurangi lama operasi secara signifikan, serta mampu meminimalisir pendarahan dan resiko operasi lainnya.

  1. Uji Klinis Microchip

Bersiaplah untuk beralih dari uji klinis yang sangat mahal, Teknologi OrgansonChipsdirancang mampu membuat uji klinis lebih cepat dan lebih akurat daripada obat atau uji klinis biasa. Ia berupa microchip yang ditanamkan di tubuh manusia dan mampu menggunakan sel punca untuk meniru organ tubuh manusia. Teknologi diklaim mampu merevolusi uji klinis dan mengganti penguian hewan sepenuhnya. Bahkan, untuk perawatan penyakit kanker.

  1. Asisten Robot

Pesatnya perkembangan industri ini, secara bertahap robot telah menggantikan fungsi-fungsi kerja manusia. Setelah terdapat resepsionis robot di salah satu hotel di Jepang, kini dunia kesehatan juga digadang-gadang akan menggunakan robot sebagai pelayan atau perawat di rumah sakit. Robot ini merupakan perangkat kuat yang mampu membawa banyak beban, hingga membantu segala hal pada pasiennya. Tak hanya itu, ia juga diklaim lebih cepat, tangkas, dan presisi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *