Masih Ingat Gadis yang Curang Saat Tes CPNS? Ini Nasibnya Sekarang!

oleh

IniBerita.News – Masih Ingat Gadis yang Curang Saat Tes CPNS? Ini Nasibnya Sekarang!

Salah satu topik yang sedang hangat dibicarakan saat ini adalah tes penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS. Sebanyak puluhan instansi yang didominasi kementerian tengah membuka lowongan pekerjaan bagi lulusan SMA hingga S2. Berbagai bidang keilmuan tersedia sehingga merupakan kesempatan besar bagi para pencari kerja. Tiga daerah dengan jumlah pendaftar terbanyak adalah Sumatera Utara, Jawa Tengah serta Jawa Barat. Jumlah pendaftar juga terbilang luar biasa. Sampai dengan akhir Agustus kemarin saja, jumlah pelamar yang melakukan pendaftaran online mencapai lebih dari satu juta orang. Para pelamar ini sendiri akan menjalani sejumlah tahap seleksi.

Baca Juga : Tak Di Sangka Wanita ini Berbuat Curang

Pertama ada tes seleksi administrasi. Pelamar yang lolos dalam tahap ini akan mengikuti tahapan Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD. Tes ini dianggap sangat sulit bagi para pelamar. Pasalnya, dalam tes ini terdapat soal-soal seputar wawasan kebangsaan, intelegensia umum serta karakteristik pribadi. Tiap soal juga memiliki ambang batas minimal atau passing grade yang harus dipenuhi. Pelamar akan memiliki kesempatan belajar sebelum menjalani tes sehingga bisa mempersiapkan diri. Pelamar juga dilarang keras untuk melakukan kecurangan dalam bentuk apapun. Saat sudah berada di dalam ruangan tes, pelamar hanya akan fokus pada soal yang muncul di layar komputer masing-masing.

Baca Juga : Syarat-Syarat Aneh bin Ajaib di Gelombang Kedua Pendaftaran CPNS 2017

Sembunyikan Hape Dibalik Baju

Untuk menghindari terjadinya kecurangan, para pelamar akan terlebih dahulu diperiksa serta digeledah sebelum memasuki ruangan tes. Mereka juga tidak akan diperkenankan membawa barang lain selain syarat-syarat yang telah ditentukan panitia pelaksana. Jika ditemukan pelamar yang melanggar aturan ini, maka dipastikan akan mendapat sanksi berat. Dari ratusan ribu pelamar yang mengikuti tes, diketahui salah satunya nekat melakukan tindak kecurangan ini. Pelamar wanita berinisial ND berbuat curang dnegan menyembunyikan ponsel. Ia nekat menyembunyikan gadget tersebut di balik baju yang dikenakannya. Kejadian ini sendiri terjadi di MG Setos Hotel, Semarang. Foto-foto ND yang tengah digeledah dan ketahuan menyembunyikan ponsel kemudian menyebar luas melalui media WhatsApp.

Baca Juga : Pendaftaran CPNS 2017 TAHAP II : 10 Instansi Paling Diburu Pelamar

ND terlihat menaruh ponsel di balik kaus yang dikenakannya. Terlihat pula adanya kabel headset yang menjulur panjang. Karena sudah ketahuan melakukan kecurangan, maka sanksi yang dijatuhkan juga tidak main-main. Berdasarkan siaran pers dari Badan Kepegawaian Negara atau BKN, pelamar yang telah terbukti curang dimasukkan dalam black list atau daftar hitam kandidat Aparatur Sipil Negara atau ASN. BKN turut menyinggung kecurangan yang dilakukan terjadi di MG Setos Hotel Semarang pada hari Rabu, 13 September 2017. Pelamar diduga bekerjasama dengan joki menggunakan alat komunikasi agar dapat lolos dari tes SKD. Tiap peserta yang terbukti melakukan kecurangan nantinya memang akan dicatat dalam database black list dan tidak akan diberi kesempatan kedua.

Baca Juga : Ayo Serbu 5 Instansi yang Masih Sepi Pendaftaran CPNS Ini!

Sanksi yang cukup berat ini tentunya menjadi peringatan bagi kita semua yang hendak melamar CPNS agar benar-benar mematuhi peraturan yang diberlakukan. Melakukan kecurangan saat tes terutama menjadi pelanggaran berat di mana sanksinya tidak main-main. Agar dapat lolos tes secara jujur, pelamar dapat mempelajari terlebih dahulu kisi-kisi soal tes yang akan diujikan. Mengerjakan secara jujur dan sebaik-baiknya juga dapat menjadi kunci agar pelamar lolos menuju tahapan berikutnya. Jika pelamar tidak lolos dalam tes CPNS gelombang pertama, masih ada kesempatan untuk mencoba kembali pada gelombang II yang dimulai dari tanggal 11-25 September 2017. Total 61 instansi pemerintah membuka lowongan pekerjaan bagi hampir semua bidang keilmuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *