Libur Pilkada Serentak 2018 Pada 27 Juni Ditetapkan Menjadi Hari Libur Nasional

oleh

Iniberita.news Pilkada serentak akan dilangsungkan pada 27 Juni 2018 mendatang, pada 27 Juni ini nanti ada 171 daerah yang akan berpartisipasi. Dari 171 daerah tersebut, ada 17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten yang akan menyelenggarakan pilkada.

Mewakili pemerintah pusat, Menkopolhukam RI Wiranto memastikan bahwa 27 Juni telah ditetapkan sebagai libur nasional sehubungan dengan hari libur pilkada serentak 2018.

Hal itu ia sampaikan saat menggelar konferensi pers bersama KPU, Bawaslu, Kapolri, Panglima TNI dan Mendagri.

Baca juga:

PPDB SMA Jakarta Resmi Dibuka, Formulir Pendaftaran A1 Bisa Diunduh Disini

Baim Wong Sempet Khawatir Tentang Kesiapan Paula Verhoeven Saat Putuskan Untuk Melamarnya

Bank Mandiri dan Bank BTN Belum ada Rencana Menaikkan Suku Bunga Kredit

Kisah Heeroik Kopaska Serka Ismail yang Mengobrak-Abrik Kapal Perang Malaysia

Wiranto mengatakan bahwa usulan dari Komisi Pemilihan Umum tentang hari libur pilkada serentak 2018 itu awalnya memang mau diterapkan pada 171 daerah terkait dengan pelaksanaan pilkada serentak 2018.

Namun setelah mempertimbangkan sejumlah hal, maka diputuskan bahwa 27 Juni menjadi libur nasional.

“Soal hari libur pilkada serentak 2018 memang KPU usulkan agar ada satu libur pemilu daerah, tidak hanya di 171 daerah,” ujar Wiranto, dalam konferensi pers yang digelar di Ruang Rupatama, Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (25/6/2018).

Ia kemudian menyebutkan alasan dibalik keputusan untuk menjadikan tanggal tersebut sebagai libur nasional.

“Alasannya akan ada mobilisasi massa di luar 171 (daerah), artinya tidak mungkin kalau 171 daerah libur (tapi daerah) yang lain nggak libur, baik organisasi swasta dan pemerintah,” jelas Wiranto.

Lebih lanjut ia menegaskan, usulan tersebut telah disetujui pemerintah dan akan ada Peratura Presiden (Perpres) mengenai keputusan itu.

“Maka diusulkan 27 (Juni menjadi) hari libur nasional dan ini sudah disetujui, Pemerintah nanti ada perpres nya,” kata Wiranto.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *