Kecanduan Makan Makanan Manis, Begini Cara Menanggulanginya

oleh

Iniberita.news – Makanan manis biasanya sangat digemari oleh anak-anak zaman sekarang, berbagai makanan manis memang merupakan sesuatu yang enak dan banyak digemari. Namun terlalu sering memakan makanan yang manis bisa membahayakan bagi tubuh kita.

Menurut HNS, asupan gula harian yang direkomendasikan adalah 30 gram untuk rata-rata orang dewasa.

Bila dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan konsekuensi yang merugikan bagi kesehatan.

Ahli nutrisi bernama Jessica Sepel, telah menguraikan 10 langkah sederhana yang dapat Moms lakuakan untuk membantu mengatasi keinginan mengonsumsi makanan bergula.

Meskipun penting untuk memiliki gula alami dalam asupan, banyak makanan mengandung gula tambahan yang berbahaya yang tidak mengandung nilai gizi.

Baca Juga:

Pencarian Korban Kapal Tenggelam di Danau Toba Dibantu Oleh Para Penyelam

Tidak Ada Korban Jiwa Dari WNI Pada Gempa Osaka Jepang

Beberapa Hadiah Ini Bisa Kita Berikan di Hari Ayah

Live Streaming Piala Dunia 2018 Bisa Dilakukan Oleh Pengguna Telkomsel di Smartphone

 

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh University of Florida, otak melepaskan zat kimia seperti heroin yang disebut opioid endogen ketika seseorang memanjakan diri dengan makanan manis, asin atau berlemak.

Berikut 10 cara agar Anda dapat mengurangi keinginan mengonsumsi makanan bergula:

1. Latih kesadaran

Mengidam gula sering dihubungkan dengan tingkat stres secara keseluruhan, itulah sebabnya mengapa melatih perhatian dapat terbukti sangat bermanfaat.

Luangkan waktu Anda untuk berjalan-jalan, membaca buku atau beristirahat untuk kedamaian pikiran yang lebih baik.

2. Mengonsumsi buah di pagi hari

Rajin mengonsumsi lima porsi buah dan sayuran sehari dapat mempertahankan gaya hidup sehat.

Namun, menurut Sepel, waktu kita makan buah dapat menurunkan efek keinginan mengonsumsi makanan bergula.

“Dalam pengalaman klinis saya, saya telah melihat bahwa makan buah di sore hari memicu hasrat gula di kemudian hari,” katanya.

“Ketika klien saya makan buah di pagi hari dan dengan perut kosong, mereka melaporkan mengidam berkurang.”

3. Minum cuka sari apel

Menurut Sepel, menambahkan satu atau dua sendok makan cuka sari apel ke sebotol besar air dan meminumnya secara bertahap sepanjang hari dapat membantu mengurangi keinginan mengonsumsi makanan bergula.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Functional Foods menyimpulkan bahwa konsumsi cuka setiap hari mengurangi kadar gula darah pada orang dewasa yang sehat yang berisiko terkena diabetes tipe 2.

4. Konsumsi magnesium

Sepel adalah pendukung kuat magnesium, secara pribadi mengonsumsi sekitar 500mg semalam untuk membantu memoderasi kadar glukosa darahnya.

Magnesium juga dapat secara alami ditemukan dalam sejumlah makanan termasuk almond, kacang hitam, kacang mete dan bayam.

5. Makan tepat pada waktunya

Saran ini mungkin terdengar tidak jelas, tetapi makan secara teratur dengan jarak interval adalah kiat sukses untuk membuat Anda merasa kenyang. Demikian Sepel menjelaskan.

6. Tambahkan sedikit jus lemon

Dr David Williams, seorang peneliti medis dan ahli biokimia, menyatakan bahwa mengonsumsi beberapa sendok makan jus lemon sehari dapat mengurangi peningkatan kadar gula darah sebanyak 8 hingga 12 persen, seperti yang ditemukan oleh eksperimen pribadinya.

Sepel memiliki pendapat yang sama, dia secara teratur menambahkan sedikit jus lemon ke sejumlah hidangan termasuk salad dan sayuran panggang.

7. Makan banyak protein dan lemak sehat

Makan dengan dosis protein yang sehat, seperti daging merah, ayam dan ikan organik, selain lemak sehat termasuk avokaddan minyak kelapa dapat membantu menjaga keinginan ngemil, kata Sepel.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Nutrition Journal sampai pada kesimpulan bahwa gadis remaja kurang tertarik mengonsumsi makanan manis setelah mereka makan sarapan yang mengandung kandungan protein tinggi.

8. Memiliki kudapan sore yang sehat

Mayoritas orang di dunia lebih padat pada sore hari. Ketika hal itu terjadi, pilihlah camilan yang tinggi protein untuk memberi tingkat energi dorongan yang sangat dibutuhkan dibandingkan mengonsumsi makanan penuh gula.

9. Makan camilan sehat

Salah satu alasan mengapa begitu banyak orang yang akhirnya makan camilan tidak sehat adalah karena mereka tidak mempertimbangkan meluangkan waktu untuk mencari alternatif yang lebih sehat.

Sepel menyarankan untuk menyiapkan camilan sehat selama akhir pekan untuk menghindari makanan bergula.

10. Sertakan banyak serat dalam asupan harian

Serat diketahui dapat membantu pencernaan. Namun, itu bukan satu-satunya manfaatnya.

“Serat tidak hanya penting untuk pencernaan yang baik, tetapi juga membantu Anda tetap kenyang setelah setiap makan, yang mencegah Anda untuk meraih makanan manis secara impulsif,” kata Sepel.

“Nikmati sayuran hijau, gandum utuh (seperti quinoa, beras merah dan millet) dan sayuran rendah GI seperti labu dan ubi jalar.”

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *