Jeff Bezos, Si Orang Terkaya di Dunia Ini Memiliki Fakta Mengejutkan!

oleh

Jeff Bezos, Si Orang Terkaya di Dunia Ini Memiliki Fakta Mengejutkan!

IniBerita.News – Anda tahu Amazon? Yap! Salah satu ecommerce terbesar di dunia. Jeff Bezos adalah CEO dari ecommerce ini. Dirinya memang tidak sepopuler Bill Gates, namun siapa sangka jika kekayaan Jeff Bezos di gadang-gadang akan pernah mengalahkan Bill Gates.

Perlu diketahui, selain sebagai CEO Amazon, Jeff Bezos juga memiliki perusahaan wahana luar angkasa Blue Origin dan merupakan pemilik perusahaan media The Washington Post. Dari sederet perusahaan yang dipimpinnya dan kekayaan yang diraihnya, terdapat 5 fakta menarik dari orang pria berkepala plontos tersebut. Berikut daftarnya.

  1. Sempat broken home

Jeffrey Preston Bezos lahir pada 12 Januari 1964 (53 tahun) dari pasangan Ted Jorgensen dan Jackie. Namun, pernikahan ibu dan ayah kandungnya hanya bertahan setahun lebih. Ketika Bezos berusia 5 tahun, sang ibu menikah lagi dengan seorang pria imigran Kuba. Nama Bezos diambil dari nama belakang ayah tirinya tersebut, Miguel Bezos. Ayah tirinya adalah seorang engineer perminyakan di Exxon. Bezos kemudian menikah dengan perempuan yang sama, ketika ia masih merintis Amazon, McKenzie Bezos. Dengan McKenzie, Bezos mendapatkan tiga orang anak laki-laki dan satu anak perempuan yang diadopsinya dari Tiongkok.

  1. Usahanya berawal dari Garasi Kecil

Sejak kecil, Bezos memang telah tertarik dengan hal berbau teknologi. Ia juga merupakan pelajar yang jenius dan seorang yang pekerja keras. Ketika kuliah di Universitas Princeton, ia sempat mengambil jurusan fisika, namun kemudian berubah mendalami ilmu komputer hingga lulus dengan gelar ilmu komputer dan teknik listrik. Setelah lulus ia sempat bekerja di Wall Street. Pada usia 31 tahun, Bezos memulai Amazon di sebuah garasi kecil di rumahnya dengan bantuan istri dan satu orang karyawan. Awalnya ia menamai bisnisnya ini ‘Cadabra’. Namun, karena suatu hal unik terjadi, di mana seorang pengacara mendengarnya dengan sebutan ‘cadaver’ yang berarti ‘bangkai’, memutuskan untuk mengganti namanya menjadi Amazon. Harapannya, bisnis yang ia bangun bisa menjadi yang terbesar di dunia seperti Sungai Amazon. Betul-betul, nama adalah doa, beberapa tahun kemudian Amazon memang menjadi ecommerce terbesar di dunia.

  1. Menjadi orang yang cepat kaya sepanjang sejarah

Hal menarik dari perjalanannya membangun Amazon, berbagai kreativitas dan inovasinya pada Amazon membuatnya menjadi orang terkaya dalam waktu yang cukup cepat. Pada 1998 ia bahkan masuk daftar Forbes sebagai salah satu orang terkaya dengan kekayaan 1,6 milyar dollar AS. Angka itu kemudian terus melonjak hingga belakangan diketahui kekayaannya mencapai 93,8 milyar dollar AS.

  1. Sempat jadi orang terkaya di dunia, namun kembali dikalahkan Bill gates

Peningkatan pada bisnisnya sempat membawanya “mecicipi” tahta sebagai orang terkaya nomor satu di dunia mengalahkan Bill Gates. Sayangnya, hal ini hanya bertahan selama satu hari pada Rabu (26/7/2017). Pada akhir hari, saat bursa pasar ditutup, saham Amazon turun dan Bezos kembali menempati posisi kedua setelah Bill Gates.

  1. Konsep “Two Pizza Rule”

Ada satu hal jenius, Jeff Bezos memiliki sebuah konsep menarik yang ia terapkan di perusahaannya, yaitu “Two Pizza Rule”. Di mana jika dua buah pizza tidak cukup untuk satu kali rapat, maka rapat tersebut dinilai tidak produktif dan kurang efektif. Menurutnya, rapat tidak perlu terlalu banyak orang, sehingga semua bisa menyampaikan opininya. Jika terlalu banyak, rapat akan berakhir dengan anggota yang hanya ikut-ikutan setuju.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *