Intip Lima Program Kecerdasan Buatan Futuristik Ini!

oleh

Intip Lima Program Kecerdasan Buatan Futuristik Ini!

IniBerita.News – Seiring pesatnya pertumbuhan teknologi dewasa ini, para ilmuwan serta pakar mulai mengembangkan sistem yang disebut sebagai kecerdasan buatan. Istilah ini lebih dikenal sebagai Artificial Intelligence atau AI. Kecerdasan buatan seperti pada film-film sci-fi ini ialah sistem berpikir manusia dan diterapkan dalam mesin atau software. Walau ktia semua tahu bahwa mesin tidak memiliki kemampuan dalam berpikir, mengenali pola ataupun menganalisis, namun kini kecanggihan teknologi telah membuat semua itu mungkin untuk diwujudkan. Di dunia sendiri sudah ada setidaknya lima program kecerdasan buatan yang futuristik serta sangat menakjubkan.

 

Tengok Lima AI Masa Depan Berikut Ini

 

  1. Pertama ada kecerdasan buatan pada robotik yang dirilis Microsoft. Raksasa perusahaan software tersbeut membuat robot kecerdasan buatan bernama Emotion API Project. Robot ibi ialah cloud base engine yang dapat mendeteksi emosi seseorang dari ekspresi wajahnya. Emosi yang dapat dideteksi robot ini di antaranya adalah kemarahan, kebencian, jijik, takut, kegembiraan, kesedihan serta keterkejutan.
  2. Kedua ada robot yang dikembangkan oleh Google. Kecerdasan buatan yang dikembangkan anak perusahaan Google, Deep Mind, bahkan lebih menghebohkan lagi. Ini karena kecerdasan buatan tersebut dalam memprediksikan masa depan. Dilansir Kompas, kemampuan kecerdasan buatan ini berbeda seperti kemampuan paranormal, akan tetapi menimbang aneka keputusan serta membuat rencana masa depan tanpa adanya campur tangan manusia. Agar dapat menciptakan kecerdasan buatan yang memiliki kemampuan ini, peneliti Deep Mind menggabungkan aneka pendekatan sekaligus. Termasuk di antaranya adalah reinforcement learning serta deep learning agar dapat belajar melalu percobaan serta meniru car kerja otak manusia dalam menyimpan informasi dalam bentuk jaringan.
  3. Kecerdasan buatan juga dibuat oleh NASA, badan antariksa Amerika Serikat. Robot cerdas ini dibuat NASA khusus untuk misi luar angkasanya. Robot ini nantinya akan dapat mengendalikan perjalanannya sendiri di luar angksa layaknya manusia. Robot telah dirancang agar dapat memilih orbit, mengambil gambar serta mengirim satelit ke permukaan planet sendiri tanpa bantuan dari manusia. NASA telah mempertimbangkan keamanan robot ini secara sangat serius. Di masa depan, NASA akan dapat bekerjasama dengan robot lebih cerdas di Mars.
  4. Keempat ada DeepFaceLIFT, kecerdasan buatan yang ada pada dunia kedokteran. Kecerdasan buatan ini diciptakan agar dapat membantu dokter dalam melakukan pengobatan pada pasien. Kemampuannya antara lain ialah menilai seberapa besar rasa sakit yang dirasakan pasien. Pengembangan algoritma DeepFaceLIFT dikerjakan Fengjiao Peng dari MIT bersama timnya. Kecerdasan buatan ini juga dapat mempelajari perbedaan antara ekspresi wajah guna memperkirakan rasa nyeri, di antaranya adalah gerakan pada sekitar hidung serta mulut. Hasil pengembangan juga telah dipublikaskan dalam Journal of Machine Learning Research pada Agustus 2017. Namun, sistem kecerdasan buatan ini dinilai belum sempurna serta masih memerlukan perbaikan.
  5. Kelima ada kecerdasan buatan dalam bidang seni. Hal ini tentu terbilang menarik mengingat kecerdasan buatan biasanya identik dengan dunia teknologi. Kecerdasan buatan dalam bidang seni ini dikembangkan oleh mesin pencari asal Tiongkok bernama Baidu. Yang ditawarkan olehnya antara lain adalah menganalisis lukisan serta menyusun musik asli yang terinspirasi dari karya seni tersebut. Kecerdasan buatan ini juga akan menganalisa isi daru gambar lalu melakukan pengidentifikasian objek. Setelah didapat ide terkait nuansa emosial dari gambar tersebut, maka akan dibuat komposisi musik berdasarkan ide yang didapat. Hasilnya mungkin tidak sama seperti komposer ternama, akan tetapi sudah cukup mengesankan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *