Gempa Hari Ini Berkekuatan 5,5 skala Richter Melanda Kota Padang

oleh

Iniberita.newsGempa hari ini kembali melanda tanah air, gempa hari ini melanda kota Padang, Sumatera Barat. Berdasarkan data yang sudah dirilis oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisikan (BMKG), pusat gempa berkekuatan 5,5 skala Richter ini berpusat  0.97 Lintang Selatan, 100.70 Bujur Timur atau 9 kilometer arah Tenggara Kota Padang pada kedalaman 10 kilometer.

Gempa hari ini yang terjadi di Padang ini merupakan gempa kedua di Sumatra Barat, sebelumnya gempa 5,4 skala Richter mengguncang Mentawai, Sumatera Barat, pada Sabtu dini hari tadi.

BMKG Padang Panjang mencatat, gempa terjadi dua kali, yaitu pukul 02.58.07 WIB berlokasi di Mentawai, tepatnya 1,78 Lintang Selatan (LS), 99,72 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 10 kilometer, dan tidak berpotensi tsunami.

Baca juga:

Baru Berpacaran Tiga Bulan, Ini Alasan Keluarga Paula Verhoeven Menerima Lamaran Baim Wong

Kuat Seperti Superman Inilah Salah Satu Superhoro DC “Shazam”, Berikut Trailernya

Pengumuman UM Undip Jalur Ujian Mandiri Hari Ini Sudah Bisa DIlihat, Berikut Link nya

Bahaya Lontong yang Dibungkus Dengan Plastik, Bisa Akibatkan Kemandulan dan Kangker

Kemudian, gempa kembali terjadi pada pukul 02.58.09 WIB, berkekuatan 5,3 SR berlokasi di 1.77 LS, 99.75 BT atau 34 kilometer Timur Laut Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar), dengan kedalaman 29 kilometer.

Gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dipicu oleh penyesaran naik (thrust fault).

Dampak gempabumi berdasarkan Peta Tingkat Guncangan (Shakemap BMKG) menunjukkan bahwa guncangan dirasakan antara lain di daerah Padang pada skala II SIG-BMKG atau III MMI dan Pariaman pada skala I SIG-BMKG atau II – III MMI.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat, gempa hari ini di Padang memakan korban jiwa dan juga korban luka-luka. Dilaporkan warga yang tewas bernama Bustami (62). Korban ialah seorang petani yang tinggal di Batang Barus Nagari Lubuak Lasiah, Kabupaten Solok.

“Iya betul, satu (orang) meninggal dunia,” kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, lewat pesan singkat, Sabtu (21/7/2018).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *