Gary Oldman: Saya Bawa Pulang Piala Oscar, Bu!

oleh

IniBerita.News – Gary Oldman menjadi Aktor Utama Terbaik dalam gelaran Academy Awards ke-90 alias Oscar 2018, Minggu (4/3) malam waktu Los Angeles. Ia yang duduk di samping istrinya, langsung naik ke atas panggung untuk menerima piala berlapis emas itu setelah menerima kecupan sayang dari sang orang tercinta.

“Terima kasih banyak kepada The Academy [AMPAS-Academy of Motion Pictures, Arts and Sciences penyelenggara Oscar] dan para anggotanya atas penghargaan yang luar biasa ini,” kata aktor 59 tahun itu dengan suara terbata-bata.

Penghargaan itu ia dapat berkat aktingnya sebagai Winston Churchill dalam Darkest Hour. Film itu bercerita tentang sikap Churchill dalam politik Inggris di Perang Dunia II.

Oldman mengalahkan empat nomine lain, yaitu Timothee Chalamet (Call Me By Your Name), Daniel Day-Lewis (Phantom Thread), Daniel Kaluuya (Get Out) dan Denzel Washington (Roman J Israel Esq). Dalam pidatonya ia tetap menghargai nomine lain yang menjadi pesaingnya.

Lewat sebuah pidato kemenangan yang tidak singkat sehingga tak mungkin baginya memenangi jet ski-yang diiming-imingi pembawa acara Jimmy Kimmel akan diberikan kepada mereka yang memberikan pidato kemenangan kurang dari 15 detik-ia mempersembahkan piala untuk ibunda.

“Ibu saya lebih tua dari Oscar ini sendiri,” katanya. Namun Oldman yakin sang ibunda masih menonton ajang yang diselenggarakan di Dolby Theatre, Los Angeles itu. “Saya membawa pulang Oscar,” ujarnya menutup pidato kemenangan, sebelum turun dari panggung.

Wajah Oldman akrab bagi penggemar Batman karena ia tiga kali memerankan Komandan Gordon, kepala polisi Gotham. Mulai 2005 di Batman Begins, 2008 dalam The Dark Knight dan 2012 untuk The Dark Knight Rises. Namun wajah Gordon sama sekali tidak tersisa saat ia memerankan Churchill. Ia bisa menampilkan kecemasan sekaligus ketegasan dengan apik.

Tak heran jika peran itu membawanya meraih kemenangan yang sama, sebagai Aktor Terbaik dalam Golden Globes 2018 yang digelar Januari lalu. Itu merupakan Piala Golden Globes pertama untuk sang aktor asal Inggris. Ini juga Oscar pertama bagi Oldman.

Sebelumnya ia hanya pernah masuk nominasi sebagai Aktor Terbaik lewat Tinker Tailor Soldier Spy (2012). Meski begitu, sepanjang hidup Oldman sudah meraih berbagai penghargaan, seperti BAFTA Awards, Empire Awards dan Screen Actor Guild Awards.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *