Garuda Wisnu Kencana Cultural Park, Patung Tertinggi ke-3 Didunia Diresmikan Presiden Joko Widodo

oleh

Iniberita.newsSetelah menunggu lama, akhirnya patung yang dianggap mahakarya zaman modern Garuda Wisnu Kencana Cultural Park akhirnya selesai digarap. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo akhirnya meresmikan patung yang dikabarkan tertinggi ketiga di dunia (Garuda Wisnu Kencana).

Peresmian tersebut diselenggarakan di kawasan GWK Cultural Park, Bukit Ungasan, Badung, Bali, pada Sabtu (22/9/2018). Dilansir dari akun Instagram @jokowi, sang presiden menyebut patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) sebagai mahakarya baru yang dikagumi dunia.

“Indonesia bukan hanya mewarisi karya-karya besar peradaban bangsa masa silam seperti Candi Borobudur dan Candi Prambanan.

Tapi sekarang pun bisa berkarya, berkreasi untuk membangun dan melahirkan mahakarya yang baru, mengagumkan kita semua, yang juga diakui dan dikagumi dunia. Di Kabupaten Badung, Bali, kini berdiri mahakarya anak bangsa itu, berupa patung Garuda Wisnu Kencana (GWK).

Baca juga: Mat Solar Terkena Stroke dan Tidak Bisa Berjalan, Hal Ini Bisa Menjadi Tanda-tandanya

Saya meresmikan salah satu patung tembaga terbesar di dunia ini, kemarin,” tulis keterangan di akun Instagram Jokowi, Minggu (23/9/2018).

Patung Garuda Wisnu Kencana Cultural Park merupakan Mahakarya seniman I Nyoman Nuarta. Patung ini dikerjakan secara sinergi selama 28 tahun. Tak main-main, konon katanya tinggi patung GWK ini melebihi patung Liberty di Amerika Serikat.

Bahkan menurut situs reddit.com, patung kebanggaan masyarakat Bali itu menduduki peringkat ke-3 sebagai patung tertinggi di dunia. Liberty hanya memiliki ketinggian kurang lebih 92 meter, sedangkan GWK tingginya mencapai 121 meter diukur dari permukaan tanah.

Menurut presiden Jokowi, GWK bukanlah patung biasa. Patung GWK memadukan karya seni budaya bangsa dengan kemajuan teknologi, melalui riset, dengan ilmu pengetahuan yang baru.

Konstruksinya dari tembaga dan kuningan, ditopang 21.000 batang baja seberat 2.000 ton dan dirangkai dengan baut sebanyak 170.000 buah. Dengan tim yang profesional dan konstruksi yang kokoh, Jokowi juga meyakini kalau patung GWK bisa bertahan hingga ratusan tahun.

“Saya percaya patung GWK ini akan mampu bertahan ratusan tahun lamanya.”

“Akan tetap menjadi karya peradaban yang dibicarakan, yang menjadi kebanggaan, dan warisan kebudayaan bangsa Indonesia,” tulis Jokowi dalam akun Instagramnya.

Selain Joko Widodo, ada beberapa petinggi lainnya yang juga hadir dalam peresmian GWK. Sebut saja Presiden ke-lima Megawati Soekarnoputri, Gubernur Bali Wayan Koster, dan Wakil Presiden ke-enam Try Sutrisno.

Belakangan GWK menjadi lokasi sejumlah acara seperti festival musik Soundrenaline hingga Torch Relay Asian Games 2018.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *