Fortnite Akan Segera Rilis di Android, Namun Tidak Akan Tersedia di Play Store

oleh

Iniberita.newsGame Android terbaru akan segera dirilis oleh Epic Games, kali ini Epic Games akan segera meluncurkan gim Fortnite di Android. Namun gim battle royale tersebut tak akan tersedia di Google Play Store.

Perusahaan mengaku, salah satu alasan tidak meluncurkan Fortnite di Google Play Store adalah isu finansial. Mereka tidak ingin membayar biaya toko aplikasi sebesar 30 persen ke Google berhubungan dengan in-app purchases (IAP).

Namun, ada beberapa kekhawatiran tentang keputusan yang diambil oleh Epic Games. Salah satunya adalah keamanan. Meski Epic Games sudah mengambil semua tindakan pencegahan yang dapat dilakukan, baru-baru ini sejumlah iklan Fortnite di Android palsu pun marak muncul. Demikian yang dilansir Gamerant, Jumat (10/8/2018).

Baca juga:

Setelah Umumkan Sandiaga Sebaga Cawapres, Andi Arief Sindir Prabowo Sebagai Jendral Kardus

TV Streaming Kompas TV dan TV One Siarkan Langsung Pendaftaran Capres-Cawapres Pilpres 2019 Kubu Joko Widodo dan Prabowo Subianto

Resmi Diluncurkan, Ini Spesifikasi Samsung Galaxy Note 9 dan Harga Samsung Note 9

Posting Wajah Babak Belur, Young Lex Dikabarkan Dihantam Oleh K-Pop Garis Keras Saat ke Meet an Greet Lisa BLACKPINK

Walau bukan hal yang baru, cara terbaik untuk mengetahuinya adalah ketika aplikasi tersebut meminta pengguna menginstalnya dari pihak ketiga selain Play Store. Ini karena seluruh aplikasi yang ada di Play Store sudah melalui uji keamanan, dan mencegah malwarebersembunyi di dalam aplikasi.

Tak hanya itu, pengecekan ini berfungsi sebagai ‘jaring pengaman’ agar pengembang aplikasi tidak menyalahgunakan fitur-fitur tertentu di Android. Dengan makin maraknya iklan palsu gim Fortnite di Android ini, bukan hal yang tak mungkin bakal banyak perangkat Android yang terinfeksi malware, terutama bagi pengguna Android yang tak terlalu paham teknologi.

Google sendiri belum berkomentar mengenai rencana Epic Games ini. Alasannya, Google tengah mengkampanyekan untuk mengunduh aplikasi dan gim terpercaya yang berasal dari Play Store.

Google sendiri bukannya tanpa alasan melakukan hal tersebut, mengingat gim dan aplikasi di luar Play Store kerap disusupi oleh malware yang membuat ekosistem Android menjadi berbahaya.

Menyoal hal tersebut, CEO Epic Games, Tim Sweeney menuturkan, keamanan bukan masalah besar dalam hal ini. Ia menuturkan, gamer telah terbukti mampu memilih mengadopsi software yang aman.

“Gamer terbukti mampu mengadopsi software yang aman, terlebih cara semacam ini sudah berkembang di platform PC melalui beragam sumber terbuka,” ucapnya. Karenanya, dia yakin Fortnite di Android tetap sukses.

Lebih lanjut dia menuturkan, sistem operasi mobile sebenarnya memungkinkan pengguna untuk memilih akses yang diizinkan sebuah aplikasi. Dengan cara itu, pengguna dapat menentukan sendiri izin yang diberikannya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *