Berkaca dari Kasus iPhone Meledak, Ini Alasan Kenapa Sebaiknya Tidak Beli Smartphone Saat Baru Rilis!

oleh

Berkaca dari Kasus iPhone Meledak, Ini Alasan Kenapa Sebaiknya Tidak Beli Smartphone Saat Baru Rilis!

IniBerita.News – Kasus iPhone yang meledak di tangan pengguna tentu bukan informasi baru atau asing bagi kita. Kasus ini sebenarnya menjadi pengingat bagi kita semua untuk tidak lantas membeli smartphone saat baru dirilis. Pesona serta daya tarik dari suatu smartphone, apalagi merknya mendunia, sudah pasti akan sulit untuk ditolak. Rasanya belum ada kepuasan saat mencoba teknologi terbaru dalam smartphone itu. Akan tetapi, sering kali terjadi kasus di mana smartphone yang baru dibeli justru mengecewakan. Ada yang meledak, tidak laku, dan lain-lain. Inilah lima alasan kuat mengapa kita sebaiknya tidak membeli smartphone di awal perilisannya.

 

Ini Alasan Untuk Tidak Beli Smartphone Saat Baru Rilis

 

  1. Masalah Pada Hardware

Penyebab meledaknya Samsung Galaxy Note 7 ialah hardware terutama pada baterainya. Kasus terbaru ialah meledaknya Google Pixel 2 XL. Reviewer luar negeri menyebut bahwa smartphone ini mengalami masalah pada layarnya. Kurangnya sensitivitas serta gambar yang kurang bagus menjadi beberapa masalah utama. Walau produsen berjanji mengatasi masalah ini, namun akan jauh lebih baik apabila kita memiliki perangkat sempurna tanpa harus melalui proses perbaikan terlebih dahulu.

 

  1. Masalah Pada Sofware

Selain hardware atau perangkat kerasnya, masalah pada smartphone juga bisa berasal dari perangkat lunak atau softwarenya. Salah satu contoh kasusnya adalah virtual assistant pada Samsung S8, Bixby. Sempat ditunggu-tunggu oleh para konsumen di seluruh dunia, di awal peluncurannya Bixby hanya tersedia di Korea. Konsumen internasional harus menunggu berbulan-bulan demi versi yang bisa mereka gunakan. Walau akhirnya semua pengguna Galaxy S8 bisa menikmati Bixby, akan tetapi konsumen telah dibuat kecewa pada Samsung.

 

  1. Harga Turun Drastis di Bulan Selanjutnya

Turun harga ialah resiko yang harus diambil saat kita membeli smartphone pada awal bulan. Bahkan, ada beberapa tipe smartphone yang penurunan harganya terjadi secara signifikan. Tidak hanya ratusan ribu rupiah namun juga bisa mencapai jutaan rupiah. Pikirkan baik-baik saat akan membeli smartphone di awal rilisnya. Jangan sampai menyesal karena pada bulan berikutnya, harga smartphone tersebut akan turun drastis.

 

  1. Awal Bulan Adalah Saat Uji Coba

Seperti kita tahu, tiap smartphone pastinya akan diuji serta diteliti sedemikian rupa oleh produsen sebelum dijual. Namun, kita takkan tahu seperti apa keadaan yang terjadi setelah smartphone dipakai di kehidupan sehari-hari. Kekurangan ini biasanya akan terlihat pada bulan pertama setelah smartphone tersebut diluncurkan. Walau smartphone telah diuji oleh para reviewer, namun seringkali kekurangannya baru akan terlihat pada minggu atau bulan pertama, bukan hari pertama. Setelah pemakaian satu bulan, barulah bisa dinilai apakah smartphone tersebut memiliki kualitas bagus atau tidak.

 

  1. Jangan Tergoda Tren Ponsel Baru

Kita mungkin akan sangat tergoda tren smartphone baru. Keinginan memiliki smartphone baru akan sangat besar. Akan tetapi, apabila kita bimbang hendak membelinya atau tidak, lihatlah sejarah dari merek tersebut, terutama sejarah harganya. Ada beberapa produsen yang memiliki kecenderngan menurunkan harga beberapa minggu setelah rilis. Ada pula yang biasa menurunkan harganya beberapa bulan berikutnya. Bahkan, ada pula produsen smartphone yang bekerjasama dengan operator seluler tertentu dalam menawarkan paket bundling serta bonus tertentu. Itulah lima alasan kuat mengapa kita sebaiknya tidak membeli smartphone di awal perilisannya. Sedikit sabar menunggu dalam waktu satu hingga dua bulan akan membuat kita mendapat barang terbaik dengan harga sepadan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *