Beginilah Ciri-ciri Jika Kita Melakukan Olahraga Secara Berlebihan

oleh

Iniberita.news – Setiap orang pasti menginginkan punya tubuh yang bagus dan juga sehat, untuk itu pasti mereka yang menginginkan hal tersebut pasti akan melakukan olahraga. Beberpa orang juga berpikiran bahwa berolahraga secara berlebihan agar cepat memperoleh tubuh yang bagus.

Dengan motivasi kebugaran seperti ini, tak heran jika banyak orang berpikir bahwa sakit setelah berolahraga adalah sesuatu yang normal, bahkan diharapkan.

“Memang benar bahwa sedikit sakit setelah latihan adalah hal yang baik,” kata Jessica Matthews, asisten profesor ilmu olahraga di Miramar College San Diego dan penasihat senior pendidikan kebugaran di American Council on Exercise.

Baca juga:

Tokopedia Ungkapkan Fitur Shake-shake Ramadan Ekstra Banyak Diminati dan Sudah Mencapai 2 Juta Pengguna

Aturan Baru Soal PPDB 2018 Resmi Dikeluarkan Oleh Kemendikbud

Dikabarkan Bertengkar Dengan Angel Lelga Hingga Pergi Dari Rumah, Rumah Tangga Vicky Prasetyo Kembali Jadi Sorotan

Hasil Semifinal Piala Uber 2018: Jepang Melaju ke Babak Final Uber Cup 2018 Setelah Kalahkan Korea Selatan

“Ini berarti otot Anda semakin kuat.” Tapi Matthews memperingatkan, ada beberapa jenis sakit yang tidak normal, seperti berikut ini.

1. Otot Anda gemetar

Jika lengan Anda mulai gemetar seperti gempa 7,0 skala Richter atau mulai lemah dan kesulitan memegang sesuatu yang sederhana, itu adalah tanda kegagalan otot.

“Ketika Anda terlalu lelah, Anda tidak akan dapat berlatih dengan layak,” kata Matthews. “Jika Anda meneruskannya, bisa berisiko menyebabkan ketegangan atau perlukaan pada otot.”

2. Rasa sakit menusuk yang muncul mendadak

Otot yang terasa sedikit sakit saat latihan lalu tumbuh membesar, adalah hal yang normal dan memang diharapkan demikian. Tapi jika rasa sakit muncul mendadak dam terasa intens, itu menunjukkan bahwa ada sesuatu yang salah.

“Jangan mencoba untuk memaksa gerakan,” kata Moira McCarthy, MD, seorang ahli bedah ortopedi yang mengkhususkan diri dalam bidang kedokteran olahraga di Rumah Sakit Khusus Bedah di New York City.

“Pemaksaan bisa menyebabkan cedera otot atau cedera sendi,” imbuhnya. Istirahat dulu sampai pulih, barulah Anda bisa memulai latihan kembali.

3. Setelah joging, kaki atau lutut nampak sedikit bengkak

Kemerahan, bengkak, atau nyeri yang persisten menunjukkan adanya masalah berlebihan pada kaki atau lutut Anda. “Tenang saja selama beberapa hari,” kata McCarthy. Mungkin, yang Anda perlukan adalah lebih banyak pemanasan dan peregangan sebelum joging.

Tapi jika rasa sakit tak kunjung reda terutama saat Anda berjalan, Anda perlu menemui ahli terapi fisik. Mereka dapat membantu Anda memperbaiki dan memperkuat setiap daerah yang mungkin membuat Anda rentan terhadap cedera.

4. Latihan tiga hari lalu tapi sakitnya masih terasa hingga sekarang

Anda berlatih sepeda statis atau lari tiga hari lalu, tapi hari ini Anda masih kesulitan naik ke lantai dua. Nyeri otot yang tertunda disebabkan oleh perlukaan kecil di jaringan otot. Ketika luka itu sembuh, otot Anda semakin kuat.

Tapi, nyeri otot yang tertunda harusnya sembuh dalam waktu setidaknya 48 jam. Jika tidak, kata Matthews, itu berarti bahwa Anda memaksakan diri ketika berlatih. Tunggu sampai cedera Anda sembuh, barulah Anda bisa berlatih lagi.

5. Bahu, lutut atau panggul sakit

Sakit pada satu daerah tertentu adalah tanda bahwa ada sesuatu yang salah, kata McCarthy. Jika rasa sakit terasa menusuk, mungkin Anda perlu memeriksakan diri ke spesialis ortopedi. Jika rasa sakit tidak terlalu terasa, McCarthy menyarankan Anda mengambil waktu untuk beristirahat.

“Pastikan Anda melakukan pemanasan dan peregangan dengan benar dan cukup minum selama latihan,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *