Bahaya Lontong yang Dibungkus Dengan Plastik, Bisa Akibatkan Kemandulan dan Kangker

oleh

Iniberita.newsLontong merupakan salah satu makanan khas Indonesia, masyarakat sangat menggemari lontong. Biasanya lontong dicampur dengan berbagai makanan khas Indonesia seperti lontong sayur, gado-gado, sate dan masih banyak lagi.

Biasanya, pembuatan lontong yang berbahan baku beras ini dibungkus dengan daun pisang atau daun kelapa biasanya untuk ketupan. Namun kelangkaan dan mahalnya harga daun pisang zaman sekarang membuat orang-orang harus mencari pengganti daun pisang.

Sebagai ganti daun pisang maka sekarang banyak diganti dengan plastik bening. Caranya mudah, tinggal masukkan beras ke dalam plastik, kemudian tusuk-tusuk dengan garpu supaya udaranya keluar lalu rebus.

Tapi ada bahaya mengintai perihal lontong berbungkus plastik tersebut. Seperti yang kita tahu, plastik memiliki titik leleh rendah sehingga sangat mudah meleleh pada suhu panas.

Baca juga:

Baru Berpacaran Tiga Bulan, Ini Alasan Keluarga Paula Verhoeven Menerima Lamaran Baim Wong

Gempa Hari Ini Berkekuatan 5,5 skala Richter Melanda Kota Padang

Kuat Seperti Superman Inilah Salah Satu Superhoro DC “Shazam”, Berikut Trailernya

Pengumuman UM Undip Jalur Ujian Mandiri Hari Ini Sudah Bisa DIlihat, Berikut Link nya

Nah, saat meleleh ini, akan ada partikel plastik yang luluh dan bercampur dalam makanan. Jika dikonsumsi terus menerus maka akan terjadi penumpukan partikel di dalam tubuh.

Akibatnya mengerikan, bisa menyebabkan kanker hingga kemandulan baik laki-laki maupun perempuan. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga sadar akan keresahan masyarakat mengenai lontong berbungkus plastik ini.

Dalam salah satu konferensi persnya, BPOM menegaskan kalau aman atau tidaknya lontong plastik kembali pada jenis plastik yang digunakan. Plastik yang aman digunakan untuk merebus lontong adalah plastik jenis LLDPE, HDPE, PP dan OPP.

Plastik jenis ini akan meleleh atau melunak pada suhu 100 derajat celcius. Maka plastik diatas aman untuk membuat lontong berbungkus plastik. Yang harus dihindari ialah plastik jenis LDPE untuk membuat bungkus lontong.

Karena jenis plastik jenis LDPE akan meleleh pada suhu 83-98 derajat celcius. BPOM menyarankan untuk jangan menggunakan plastik jenis ini untuk membuat lontong. Tapi di semua pembuatan plastik pastilah ada bahan kimia seperti pewarna, pelicin sampai pemutih yang mungkin tetap saja hinggap di lontong saat direbus.

Jadi, cari aman saja dengan membungkus lontong menggunakan daun pisang saat direbus. Walaupun mahal dan repot tetaplah kesehatan yang harus diutamakan bukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *