Ajaib! Diterpa Bencana Dahsyat, 5 Bangunan Ini Tetap Kokoh Berdiri

oleh

Ajaib! Diterpa Bencana Dahsyat, 5 Bangunan Ini Tetap Kokoh Berdiri

IniBerita.News – Segala hal yang terjadi di masa depan merupakan rahasia Tuhan yang tak dapat kita prediksi apa, kapan, dimana, dan bagaimana terjadinya, begitu juga dengan terjadinya bencana. Meski sejumlah inovasi teknologi canggih telah dikembangkan oleh tangan-tangan manusia dan bencana bisa saja diprediksi agar manusia bisa segera berlindung, namun tetap saja bencana alam yang terjadi di masa depan adalah rahasia Tuhan.

Berbagai bencana besar, seperti angin topan, banjir bandang, gempa bumi, hingga Tsunami, dapat meluluhlantahkan satu wilayah, termasuk bangunan-bangunna kokoh di dalamnya. Namun, dahsyatnya bencana alam dibeberapa negara tak jarang menyimpan keajaiban yang sulit diterima akal manusia. Bisa jadi, ini mukjizat Tuhan. Beberapa keajaiban tersebut di antaranya adalah bangunan-bangunan yang tetap kokoh berdiri ditengah terpaan bencana besar. Berikut ini beberapa bangunan di dunia yang tetap kokoh meski diterpa bencana besar.

  1. Brandenburg Gate, Berlin, Jerman

Adalah salah satu ikon Kota Berlin. Gerbang batu pasir neoklasik yang sangat besar tersebut tidak bisa dipisahkan dari sejarah Berlin dan Jerman. Dibangun pada 1971, gerbang ini menjadi penanda pintu masuk ke Unter den Linden dan dibuat sebagai simbol perdamaian. Pada 1945, terjadi serangan sekutu Perang Dunia II, Berlin menjadi target aksi pengeboman paling dahsyat. Seluruh warga dan bangunan luluh lantah dan hancur. Namun, ajaibnya, gerbang ini tetap kokoh berdiri hingga kini.

  1. Pagoda Kuil Horyuji, Jepang

Tak ubahnya Gerbang Brandenburg, pagoda di Kuil Horyuji juga mengisahkan keajaiban. Jepang memang dikenal sebagai salah satu wilayah yang rawan gempa. Meski telah diterjang lebih dari 46 kali gempa dengan rata-rata kekuatan 7 SR atau lebih, pagoda di Kuil Horyuji yang dibangun pada 607 M, tetap kokoh berdiri hingga kini.

  1. Boudhanath Stupa, Kathmandu, Nepal

Adalah sebuah stupa di daerah Kathmandu, Nepal. Stupa ini menjadi salah satu situs Buddhis paling penting bagi penganutnya. Tempat ini juga sudah menjadi ikon negara dan masuk dalam sebagai salah satu situs Warisan Dunia UNESCO. Meski sudah ada sejak abad ke-5, Stupa ini masih dapat berdiri tegak saat gempa bumi dahsyat menimpa Nepal pada April 2015 lalu. Bahkan, Stupa ini hanya mengalami sedikit keretakan pada struktur limas keemasan di atas kubahnya.

  1. Masjid at-Tawhid, Port-au-Prince, Haiti

Masih ingat bencana dahsyat yang memporakporandakan Haiti pada 2010 silam? Gempa yang mengguncang Haiti sekitar 8 tahun lalu itu, tepatnya 12 Januari 2010, menewaskan sekitar 200.000 orang. Akibat bencana ini, seluruh bangunan di Haiti rusak parah, termasuk Istana Kepresidenan Haiti, Gedung Parlemen, Katedral Port-au-Prince, dan sebuah rumah sakit disana. Ajaibnya, sebuah masjid ber nama Masjid at-Tawhid di wilayah Port-au-Prince, tidak hancur dan kokoh hingga kini. Padahal, bangunan di sekitarnya rata dengan tanah.

  1. Masjid Baiturrahman, Aceh

Indonesia pernah diterpa bencana luar biasa yang menjadi pusat perhatian dunia. Sekitar 13 tahun yang lalu, tepatnya pada 26 Desember 2004, terjadi gempa dahsyat berkekuatan 9,1 SR mengguncang Samudera Hindia di lepas pantai Sumatera. Gempa ini menyebabkan Tsunami yang menyapu sejumlah pantai di sekitar Samudera Hindia. Lebih dari 200.000 orang tewas dan jutaan orang kehilangan tempat tinggal. Salah satu yang terkena dampaknya adalah Aceh. Seluruh Aceh hampir rata dengan tanah. Ajaibnya, masjid Baiturrahman menjadi satu-satunya bangunan yang masih berdiri kokoh ditengah kehancuran Aceh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *