8 Benda yang Selalu Membuatmu Bertanya-tanya ‘Apa Fungsinya’, Ini Dia Penjelasannya!

oleh

8 Benda yang Selalu Membuatmu Bertanya-tanya ‘Apa Fungsinya’, Ini Dia Penjelasannya!

IniBerita.News – Tidak ada suatu hal pun yang dibuat tanpa nilai guna. Setiap benda diciptakan atau dibuat sesuai dengan fungsinya masing-masing, sesederhana apapun bentuknya. Saking simpelnya, banyak orang yang tidak tahu apa kegunaan benda-benda tersebut, sehingga banyak orang berkata ‘emang apa sih fungsinya?’.

Tak jarang hal ini memunculkan spekulasi, bahwa benda-benda tersebut hanyalah pelengkap atau hiasan belaka yang tidak memiliki fungsi sama sekali. Padahal, benda-benda tersebut memilki fungsi khusus, loh! Seperti yang berikut ini contohnya.

  1. Paku tembaga pada jeans

Sebagian besar orang tentu heran, mengapa setiap membeli jeans asti terdapat lubang tembaga menonjol dibagian kantungnya. Tiga kancing besi tersebut ternyata bernama rivet. Rivet seringkali disebut sebagai bagian dari desain jeans. Padahal rivet dari paku keeling tembaga ini berfungsi untuk memperkuat jahitan jeans ada bagian saku yang cenderung mudah sobek agar lebih kuat.

  1. Lubang pada sepatu converse dan bagian atas running shoes

Bukan sebagai hiasan belaka, dua lubang sejajar yang berada di bagian tengah sepatu converse-mu berfungsi sebagai aliran udara agar kaki tidak pengap dan mengurangi bau tak sedap. Sementara itu, lubang pada sepatu lari berfungsi untuk mengencangkan tali agar kuat dan tidak mudah lepas, sekalipun digunakan untuk berlari kencang.

  1. Letak huruf di keyboard

Pernah terpikir nggak, kenapa ya abjad pada keyboard dibuat tidak berurutan? Konon, dulu abjad pada keyboard dibuat berurutan. Namun, penempatan ini justru membuat beberapa huruf yang sering digunakan menjadi cepat macet di mesin tik. Pada akhirnya, huruf yang sering digunakan dengan yang jarang digunakan ditempatkan terpisah satu sama lain. Nah, muncullah apa yang kita sebut sebagai keyboard QWERTY sekarang.

  1. Tonjolan pada huruf ‘F’ dan ‘J’ di keyboard

Terdapat bagian yang seidkit menonjol pada huruf ‘F’ dan ‘J’ di keyboard. Ternyata ini berfungsi untuk membantu meningkatkan kemampuan touch typing atau mengetik tanpa melihat tombol. Keduanya adalah petunjuk atau batas. Huruf F untuk meletakkan telunjuk kiri, sementara huruf J untuk telunjuk kanan.

  1. Bagian berwarna biru pada penghapus

Banyak yang mengira bagian berwarna biru pada penghapus berfungsi untuk menghapus tinta pulpen. Big no! Bagian biru tersebut ternyata untuk menghapus coretan pensil juga, tetapi untuk penggunaan kertas bertekstur kasar/grainy paper. Sehingga, tidak perlu tenaga banyak untuk menghapusnya.

  1. Lubang pada tutup pulpen

Jika kamu sering memperhatikan, sebagian besar pulpen memiliki lubang kecil diujung tutupnya. Ternyata, fungsinya sangat membantu. Sejak dulu banyak orang sering menggigit pulpen dan sempat terjadi beberapa kasus menyebabkan tutup pulpen tertelan. Nah, lubang tersebut berfungsi untuk mengalirkan udara, kalau-kalau kasus serupa terjadi. Dengan situasi seperti ini, setidaknya korban masih dapat bernafas hingga tutup dikeluarkan.

  1. Lubang pada pegangan panci atau teflon

Kalau lubang yang satu bukan untuk mengantisipasi panci tertelan loh ya. Sejauh ini kita tahu, lubang pada panci atau teflon untuk menggantungnya di tembok. Padahal, dungsi utamanya justru bukan itu. Lubang ini justru difungsikan untuk meletakkan spatula agar sisa makanan yang menempel tidak mengotori bagian lain.

  1. Lubang pada bagian bawah gembok

Coba perhatikan, di bawah gembok selalu terdapat lubang kecil. Lubang tersebut ternyata lubang tersebut berfungsi sebagai saluran air, jika gembok kemasukan air. Hal ini untuk mencegah bagian dalam gembok berkarat dan rusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *