7 Kebiasaan Unik saat Makan yang Indonesia Banget!! Mana Kebiasaanmu?

oleh

7 Kebiasaan Unik saat Makan yang Indonesia Banget!! Mana Kebiasaanmu?

IniBerita.News – Jika membahas tentang Indonesia, hal pertama yang terlintas di pikiran sebagain orang jika tidak tempat wisata, pasti makanannya yang memiliki ciri khas di masing-masing daerah. Tidak hanya makanannya yang khas dan unik, orang Indonesia juga memiliki kebiasaan yang unik saat makan, mulai dari cara makan hingga cara memasaknya. Masing-masing negara memiliki ciri khas dan budaya sendiri saat menikmati makanan. Mislanya di Jepang yang sangat menjunjung tinggi sopan santun saat sedang menyantap hidangan. Nah, bagi Anda yang mengaku sebagai orang Indonesia, pasti sudah terbiasa dengan cara makan unik yang ala Indonesia banget berikut ini. Berikut 7 kebiasan unik saat makan ala Indonesia banget.

7 Kebiasaan Unik saat Makan yang Indonesia Banget

  1. Kerupuk

Jenis makanan yang gurih dan kriuk ini memang menjadi salah satu menu wajib yang pasti ada di sajian makanan Indonesia. Tidak lengkap rasanya jika makan tanpa adanya si putih kriuk ini. Kerupuk biasanya dipasangkan dengan beragam jenis masakan Indonesia, mulai dari gado-gado, bakso, kupat tahu, mie ayam, bahkan dipasangkan dengan bubur. Jenis makanan pelengkap satu ini memang menjadi incaran banyak masyarakat Indonesia.

  1. Gorengan

Gorengan memang menjadi menu pelengkap andalan yang sangat nikmat dinikmati selagi masih dalam keadaan hangat. Gorengan seperti tempe, bakwan atau tahu menjadi idola para pecinta kuliner Indonesia. Selain dijadikan sebagai camilan yang mengenyangkan, tidak jarang pula gorengan dijadikan sebagai lauk saat makan.

  1. Masakan Pedas

Namanya juga lidah Indonesia, tidak afdol rasanya makan tanpa adanya sambal dan makanan lain yang mengandung cabai. Meski tidak semua masyarakat Indonesia menyukai masakan pedas, namun masakan pedas sudah menjadi image dari masakan Indonesia. Tidak heran jika hampir semua warung makan selalu menyiapkan sambal atau cabai utuh di atas meja. Sambal yang disediakan pun beragam, muali dari sambal terasi, sambal bawang, sambal tomat sampai sambal matah pun tersedia.

  1. Makan Pakai Tangan

Makan pakai sendok dan garpu terkadang membuat ribet dan tidak leluasa saat menyantap makanan. Nah, salah satu kebiasaan unik orang Indonesia adalah dengan makan menggunakan tangan. Sensasinya pasti sangat berbeda, dan katanya makanan akan terasa lebih nikmat jika dinikmati dengan menggunakan tangan. Kebiasaan makan pakai tangan ini mungkin hanya akan Anda temui di Indonesia.

  1. Kobokan

Makan pakai tangan pastinya harus ada kobokan. Jika Anda merupakan penikmat pecel lele atau ayam pasti sering sekali menemukan kobokan yang disediakan oleh pramusaji. Kobokan ini sering digunakan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan.

  1. Liwetan

Liwetan merupakan tradisi menyantap makanan secara bersama-sama di atas daun pisang. Tradisi ini memang sudah jarang ditemui. Namun saat ini, tidak jarang restoran atau tempat makan menggunakan cara seperti ini dalam menyajikan makanannya. Apalgi jika Anda memesan makanan dengan ramai-ramai. Liwetan saat ini memang menjadi salah satu trend menyantap makanan yang asyik dan pastinya dapat menambah rasa kebersamaan dengan teman, sahabat dan kerabat Anda.

  1. Jengkol dan Pete

Kedua jenis makanan ini sepertinya sudah menjadi menu wajib bagi masyarakat Indonesia. Meski memiliki bau yang tidak sedap, namun rasa dari kedua makanan ini akan membuat Anda lupa akan efek samping yang ditimbulkan, yatu bau mulut. Sebagian masyarakat Indonesia menyukai kedua jenis makanan ini. Apalagi jika ada semur jengkol pete dan sambal bawang, dijamin pasti bakalan ngiler.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *