6 Pertemuan Setya Novanto Jadi Bukti Kasus E-KTP, Ancaman Penjara Seumur Hidup pun Menanti!

oleh

6 Pertemuan Setya Novanto Jadi Bukti Kasus E-KTP, Ancaman Penjara Seumur Hidup pun Menanti!

IniBerita.News – Setelah berbagai drama yang dilewati KPK dan Ketua DPR Setya Novanto mulai dari dirawat di rumah sakit menabrak tiang listrik hingga akhirnya ia pun ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi E-KTP dan akhirnya menjadi tahanan KPK. Pada Kamis (13/12) kemarin, jaksa KPK membacakan surat dakwaan untuk Setya Novanto di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (TIPIKOR). Dalam sidang dengan agenda pembacaan tersebut sempat sempat diwarnai beberapa skors akibat Setya Novanto mendadak bungkam dan kembali mengeluhkna sakit saat ditanya oleh majelis hakim. Meski demikian, majelis hakim tetap melanjutkan persidangan. Dalam surat dakwaan yang dibacakan oleh jaksa tersebut, KPK mengungkap bahwa ada beberapa pertemuan yang dilakukan oleh Setya Novanto dengan beberapa pihak lainnya demi memuluskan anggaran e-KTP. Pertemuan tersebut dilakukan dalam kurun waktu 2010-2011. Nah, berikut adalah 10 pertemuan Setya Novanto dengan beberapa pihak terkait kasus proyek e-KTP.

6 Pertemuan Setya Novanto dengan Beberapa Pihak dalam Kasusu e-KTP

  1. Pertemuan di Hotel Gran Melia Jakarta

Pertemuan ini berlangsung pada bulan Februari 2010 dengan agenda pertemuan antara Setya Novanto dan Andi Narogong dengan tiga mantan pejabat Kemendagri yaitu Mantan Dirjen Dukcapil Irman, Sekretaris Jenderal Kemendagri Diah Anggraeni dan Mantan Direktur Pengelola Informasi dan Administrasi Kependudukan Ditjen Dukcapil Sugiaharto. Pertemuan ini membahas persiap penganggaran proyek e-KTP.

  1. Pertemuan di Ruang Kerja Setya Novanto, Lantai 12 Gedung DPR RI

Pertemuan selanjutnya berlangsung di ruagan kerja Setya Novanto saat mash menjabat sebagai ketua DPR RI. Pertemuan tersebut kemabli mengundang Andi dan Irman. Pertemuan ini membahas tentang kesiapan anggaran e-KTP yang disiapkan Setya Novanto.

  1. Pertemuan Kedua di Ruang Kerja Setya Novanto

Pertemuan kedua di ruangan Setya Novanto yang saat itu dihadiri kembali oleh Andi. Saat itu Setya Novanto memperkenalkan Andi kepada anggota DPR Mirwan Amir sebagai salah satu pengusaha yang akan terlibat dalam proyek e-KTP. Mirwan kemudian meminta Andi untuk berkoordinasi dengan seorang pengusaha yaitu Yusnan Solihin.

  1. Pertemuan di Ruang Fraksi Golkar Lantai 12 Gedung DPR RI

Bertemat di gedung yang sama, kali ini pertemuan yang diadakan oleh Setya Novanto berlangsung di dalam ruangan Fra[ksi Golkar yang berlangsung pada April 2010. Dalam pertemuan tersebut Andi dikenalkan sebagai orang yang akan mengerjakan proyek e-KTP kepada mantan Ketua Komisi II DPR RI Chaeruman Harahap di lantai 12 gedung DPR RI.

  1. Pertemuan Ketiga di Ruang Kerja Setya Novanto

Ini adalah pertemuan ketiga yang berlangsung di ruang kerja Setya Novanto dengan Andi. Pertemuan kali ini juga dihadiri oleh beberapa pihak, diantaranya adalah Johannes Marliem yaitu Dirut PT Biomorf Lone yang merupakan penyedia produk Automated Finger Print Identification System (AFIS) dan Iftikar Ahmad dan Greg Alexander. Dalam pertemuan ini, Setya Novanto memastikan bahwa anggaran untk proyek e-KTP telah tersedia.

  1. Pertemuan dengan Para Vendor Proyek e-KTP

Pada tahun 2011, Komisi II DPR menyetujui anggaran proyek e-KTP, Setya Novanto kemudian bertemu dengan para vendor yang terlibat dalam proyek tersebut. Dana yang bersumber dari APBN tersebut berjumlah Rp. 2,468 triliun. Diantara para vendor tersebut adalah Vincent Cousin (Country Manager STMicroelectronics for Indonesia) dan Paulus Tannos yang merupakan penyedia chip dan Dirut Sandipala Arthaputra. Selain itu hadir pula Irvanto Hendra Pambudi Cahyo yang tak lain adalah keponakan dari Setya Novanto yang merupakan Dirut PT Murakabi Sejahtera.

Itulah 6 pertemuan Setnov dengan para pihak dalam proyek e-KTP.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *