5 Harta Karun yang Ditemukan Tak Sengaja

oleh

5 Harta Karun yang Ditemukan Tak Sengaja

IniBerita.News – Berbicara tentang sejarah memang tidak ada habisnya. Ada saja penemuan-penemuan baru atau bahkan masih banyak penemuan-penemuan yang telah ditemukan puluhan hingga ratusan tahun lalu namun hingga saat ini belum mampu terpecahkan misterinya. Beberapa di antara peninggalan-peninggalan tersebut ditemukan secara tidak sengaja.Bahkan ada yang dtemukan saat para arkeolog sedang melakukan penggalian. Seperti dengan peninggalan sejarah berikut ini.

5 Harta Karun yang Ditemukan tak Sengaja

  1. Gulungan Laut Mati

Gulungan ini merupakan kumpulan yang berisi salinan Kitab Injil di masa lalu. Penemuan gulungan berharga ditemukan oleh seorang anak yang sedang mengejar dombanya. Tanpa sengaja ia menemukan gulungan tersebut yang berisi tentang sejarah-sejarah kristen. Setelah penemuan gulungan pertama ini, para ilmuan kemudian melakukan pencarian besar-besaran untuk mencari gulungan-gulungan lainnya. Setelah melakukan pencarian, banyak gulungan lainnya yang ditemukan di laut mati. Gulungan yang berisi tentang sejarah masa lalu ini dianggap sangat penting hingga banyak neagara yang memperebutkan gulungan ini agar bisa diteliti lebih detail.

  1. The Rosetta Stone

Batu yang ditemukan oleh seorang tentara asal Prancis ini ternyata merupakan batu yang menyimpan cerita sejarah. Batu ini ditemukan pada abad ke-18. Rosetta Stone merupakan batu yang berasal dari zaman Mesir kuno yang berisi tentang sejarah Mesir pada zaman dulu. Tulisan yang terdapat dalam batu ini menggunakan tiga bahasa, yaitu bahasa Yunani, Demotic dan Hieroglyph. Meski demikan, para ilmuan masih berusaha untuk memecahkan misteri dari prasasti bersejarah tersebut. Bagi Anda yang tertarik untuk mengetahui sejarah Mesir kuno, Rosetta Stone merupakan sumber yang tepat untuk belajara sejarah Mesir.

  1. Gua Lascaux

Jika mendengar kata gua, yang dipikirkan adalah tempat yang gelap, penuh dengan kelelawar dan lembab. Namun berbedaa dengan gua satu ini. Gua Lascaux menyimpan banyak sekali lukisan kuno yang terpampang di dinding gua. Lukisan ini diperkirakan telah ada sejak 17.000 tahun lalu. Lukisan di dalam Gua Lascaux ini adalah gambar dari hewan buruan orang-orang zaman dulu. Jumlah lukisan yang ada di dalam Gua Lascaux diperkirakan berjumlah 2000 lukisan. Gua ini ditemukan pada tahun 1940 oleh 4 orang remaja asal Perancis. Saat itu mereka tengah berjalan-jalan di sekitar Montignac, anjing peliharaan mereka menemukan sesuatu yang aneh di tanah, ternyata itu merupakan sebuah lubang yang ternyata banyak menyimpann peninggalan sejarah di dalamnya.

  1. Terra Cotta

Terra Cotta merupakan tempat sekumpulan patung tentara Terra Cotta yang terbuat dari perunggu. Terdapat sekitar 8.000 patung yang digunakan untuk menjaga makan dari raja pertama Dinasti Qin. Penemuan Terra Cotta ini tidak sengaja saat sekelompok petani asal Tiongkok sedang melakuka penggalian di tahun 1974. Penemuan Terra Cotta memberikan titik terang dari sejarah awal raja-raja dinasti yang masih  menjadi perdebatan.

  1. Kota Bawah Tanah Denrikuyu

Denrikuyu merupakan sebuah kota bawah tanah yang dulunya digunakan oleh beberapa suku kecil Turki sebagai tempat tinggal. Diperkirakan sekitar 20.000 orang pernah menjadikan tempat ini untuk bertahan hidup. Penemuan kota bawah ini ditemukan tanpa sengaja oleh seseorang pada tahun 1963. Penemuan kota ini menarik perhatian para arkeolog untuk meneliti tempat ini. Hingga kini belum diketahui siapa yang mendirikan kota ini. Di kota bawah tanah ini hanya ditemukan ruangan-ruangan gelap dan dipenuhi debu karena telah terabaikan dalam waktu yang lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *