10 Negara Terkaya dengan Banyak Cadangan Emas

oleh

10 Negara Terkaya dengan Banyak Cadangan Emas

Emas adalah logam mulia yang mempunyai nilai tinggi dan sering digunakan untuk salah satu komoditas investasi jangka panjang. Investasi emas yang dimaksud disini dapat berupa emas perhiasan, koin emas, dan emas batangan. Menurut US Geological Survet, produksi emas secara global pada tahun lalu mencapai angka 2.800 ton. Lalu siapa sajakah negara yang merupakan penghasil emas terbanyak di dunia? Berikut ini ulasannya!

  1. China

Saat ini China merupakan negara dengan penghasil emas terbesar di dunia. China memproduksi emas sebesar 450 ton. Di satu sisi, Cina juga merupakan salah satu negara yang mengonsumsi emas terbesar di dunia yaitu mencapai 813,6 ton. Yang lebih mengejutkan lagi adalah bahwa negara ini mempunyai cadangan emas sebanyak 1.900 ton. Emas ini banyak ditemukan di Henan,Fujian, Shandong,Yunnan, dan Jiangxi.

  1. Australia

Untuk daerah Oceania diduduki oleh negara Kangguru ini. Australia mempunyai jumlah produksi emas mencapai 270 ton dari 9.800 ton cadangan emas yang dimiliki.  Australia mempunyai tiga wilayah pertambangan utama yaitu New South Wales, South Australia, dan Western Australia.

  1. Rusia

Produksi emas di Rusia mengalami peningkatan sebesar 6,532 persen atau sekitar 15 ton dari totoal produksi 230 ton pada tahun lalu. Di tahun ini, Rusia berhasil memproduksi emas sebesar 245 ton. Rusia mengandalkan Magadan, Amur, Khabarovsk,Sakha-Yakutia, Krasnoyarsk, dan Irkutskdan sebagai wilayah pertambangan utama.

  1. Amerika Serikat

Amerika Serikat juga tak mau kalah, negeri Paman Sam ini memproduksi 211 ton emas dan mempunyai cadangan emas hingga 3.000 ton yang membuat Amerika menduduki peringkat keempat. Amerika menambang emas mereka di California, Nevada, Colorado, South Dakota, dan Alaska.

  1. Kanada

Negara yang terkenal dengan daun maplenya ini beruntung karena masuk dalam top 5 negara dengan penghasil emas terbanyak di dunia. Walaupun mereka hanya mengandalkan Ontario saja sebagai wilayah pertambangan utama, namun Kanada dapat memproduksi 160 ton emas dan mempunyai cadangan emas dengan total 2.000 ton.

  1. Peru

Beralih ke Amerika Selaatan, kali ini Peru juga tidak mau kalah dengan memproduksi 150 ton emas. Angka ini menurun 0,7 persen atau 1 ton dari tahun lalu, Negara ini juga mempunyai cadangan emas sebesar 2.100 ton.

  1. Afrika Selatan

Ternyata negara di benua Afrika ini juga merupakan salah satu negara penghasil emas terbanyak di dunia. Negara yang pernah menjadi tuan rumah untuk World Cup 2010 ini mampu menghasilkan 150 ton emas. Angka ini sama saja dengan Peru. Namun ternyata produksi emas di Afrika Selatan mengalami penurunan sebsar 6,25 persen atau 10 ton. Hal inilah yang membuat Afrika Selatan harus puas berada di peringka ketujuh meskipun mempunyai cadangan emas sebesar 6.000 ton.

  1. Uzbekistan

Ternyata negara di Timur Tengah bukan hanya kelebihan minyak saja, namun juga kelebihan emas. Uzbekistan mampu menghasilkan 102 ton dan berhasil meningkatkan produksi emas hingga 4,1 persen. Negara ini pun mempunyai cadangan emas yang banyak yaitu mencapai 1.700 ton.

  1. Meksiko

Kembali lagi ke Benua Amerika, Meksiko menempati peringkat kesembilan dengan jumlah produksi emas mencapai 92 ton. Angka ini menurun sekitar 6,12 persen dibandingkan tahun lalu. Namun Meksiko tetap bisa menghasilkan banyak emas kedepannya dengan cadangan emas sebesar 1.400 ton.

  1. Ghana

Peirngkat sepuluh diraih oleh Ghana dengan jumlah produksi mencapai 90 ton dan cadangan emas sebanyak 2.000 ton.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *